PT Best Profit Futures Surabaya

Warga Amerika Mengajar di SMK Bojonegoro

Best Profit Futures – Proses belajar mengajar di SMK Negeri I di Desa Pojok, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro terlihat berbeda kali ini. Para siswa tampak antusias mengikuti kegiatan belajar mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris.

Maklum pembelajaran kali ini terasa berbeda dari biasanya. Mereka diajar oleh guru relawan bernama Bridget Ginty, 25 tahun yang berasal dari New Hampshire, salah satu negara bagian di Amerika Serikat. (Best Profit Futures)

Interaksi antara para siswa dengan guru relawan Bridget Ginty itu berjalan baik. Sebab meski menyampaikan pelajaran Bahasa Inggris, Bridget menguasai Bahasa Indonesia dengan lancar. Saat Bridget melontarkan pertanyaan dalam bahasa Inggris para siswa juga tampak berebutan mengacungkan jari tangan.

Kegiatan belajar mengajar dengan guru dari luar negeri merupakan pengalaman berharga bagi para siswa SMK Negeri Purwosari I. Maklum, sebagian besar siswa di sekolah ini berasal dari daerah pelosok pedesaan dan daerah tertinggal.

“Saya senang sekali bisa belajar bahasa Inggris dengan bu Bridget. Sebab apa yang disampaikan mudah dicerna dan dipahami,” ujar Fikih Suprayitno, siswa kelas 11 usai mengikuti pelajaran bahasa Inggris.

Ia mengatakan, setiap kali pertemuan membahas tentang tema tertentu tetapi dalam Bahasa Inggris. Misalnya dalam pertemuan terakhir antara siswa dengan guru relawan Bridget itu membahas tentang makna simpati dengan empati. (Best Profit Futures)

“Proses pembelajarannya menjadi menarik dan tidak membosankan. Sebab, lebih banyak percakapan langsung,” ungkap Fiqih ditimpali teman-temannya.

Bridget Ginty baru mengajar di SMK Negeri I Purwosari sejak dua bulan lalu. Ia mengajar mata pelajaran bahasa Inggris untuk kelas 10, 11, dan 12 di SMK Negeri Purwosari I itu. Ia mengajar mulai hari Senin hingga Kamis dengan jumlah jam pelajaran sekitar 20 jam.

“Sebetulnya saya lulusan hubungan internasional dari George Washington University di Washington DC. Tetapi, saya di Indonesia mengajar bahasa Inggris,” ungkap Bridget Ginty usai mengajar. (Best Profit Futures)

Bridget Ginty dan 59 guru relawan lainnya dari Amerika Serikat didatangkan ke Indonesia dan ditempatkan di Jawa Timur dan Jawa Barat untuk mengajar dan berbagi pengalaman dengan para siswa tingkat SMP, SMA dan SMK.

Mereka menjadi relawan guru itu di bawah naungan organisasi Peace Corps, sebuah organisasi relawan milik pemerintah Amerika Serikat. Di wilayah Bojonegoro sejumlah relawan guru ini ditempatkan di Kecamatan Ngraho, Kasiman, Purwosari, dan Ngasem.

Wilayah tersebut merupakan tidak jauh dari lokasi pengeboran minyak dan gas bumi Lapangan Banyuurip Blok Cepu yang dioperatori oleh Mobil Cepu Limited (MCl) anak perusahaan Exxonmobil dari Amerika Serikat.

Para guru relawan ini juga tinggal di rumah penduduk di dekat sekolah. Bridget Ginty misalnya tinggal di salah satu rumah di Desa Pojok, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro. (Best Profit Futures)

Selama berada di Bojonegoro Bridget Ginty mengaku banyak terkesan dengan budaya dan kehidupan masyarakatnya. Ia menilai masyarakat di pedesaan hidup dengan sederhana dan memegang nilai-nilai tradisional.

“Saya cukup kerasan tinggal di Bojonegoro. Saya suka jalan-jalan di sawah. Saya juga suka nasi pecel,” ujarnya dengan ucapan sedikit terbata-bata.

(Best Profit Futures)

Sumber dari http://beritajatim.com