PT Best Profit Futures Surabaya

Utak Atik Postur Kabinet Jokowi-JK

Best Profit Futures – Tim transisi hari rencananya hari ini akan memberikan presentasi terkait posisi kementerian dalam kabinet Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK).

Menarik untuk dinanti apa saja yang menjadi opsi postur kabinet pemerintahan Jokowi-JK untuk periode mendatang.

Pengamat politik Universitas Indonesia (UI), Agung Suprio mengatakan, apapu alasannya,

kabinet ramping jelas akan lebih efesien lantaran tidak perlu boros membayar gaji menteri dan personelnya.

“Memang ada beberapa kementerian yang sebenarnya dapat dihapus namun karena pertimbangan tertentu dipertahankan seperti Kementerian Agama dan Kementerian Sosial,”

kata Agung, kepada Okezone, Senin (15/9/2014). (Best Profit Futures)

Menurutnya, Kementerian Agama hanya dianggap sebagai simbol karena sebenarnya pekerjaan seperti haji bisa dilakukan oleh lembaga di bawah kementerian.

Sementara fungsi Kementerian Sosial kta dia, bisa diintegrasikan dengan kementerian-kementerian lain.

“Dalam perumusan kabinet yang harus dipertimbangkan adalah visi pembangunan dan target, sementara kementerian adalah bentuk dari operasionalisasi visi untuk mencapai target,” tuturnya.

Namun, lanjut Agung, acapkali faktor politik menjadi lebih dominan seperti mengakomodir para pendukung dan mitra baru dalam struktur kementerian.

“Faktor politik inilah yang dapat menciptakan inefesiensi, yang tadinya ramping malah gemuk,” pungkasnya.

Anggota tim transisi Jokowi-JK, Eko Sanjoyo, menyatakan pihaknya akan memberikan presentasi terkait posisi kementerian dalam kabiner Jokowi-JKhari ini. (Best Profit Futures)

Menurutnya, tim masih memberikan tiga opsi yang akan dipilih oleh Presiden RI terpilih Joko Widodo.

“Ada tiga opsi yaitu status quo dimana kita tetap memakai 34 menteri. Opsi kedua, 27 kementerian dan ketiga, 24 kementerian,” kata Eko di Hotel Acacia, Jakarta Pusat, Minggu, 14 September kemarin.

Menurutnya, tim transisi mengusulkan untuk dibuat tiga kementerian koordinasi. Kemudian, tidak akan ada kementerian yang dileburkan.

“Tapi akan ada beberapa Direktorat Jenderal yang dioptimalkan. Jadi di level Dirjen lebih dioptimalkan, mana yang perlu dan tidak,” kata Eko.

Saham Jepang naik ke level tertingginya sejak April setelah yen menyentuh level terendahnya tiga bulan terhadap dolar, meningkatkan prospek pendapatan eksportir. Saham keuangan memimpin kenaikan didorong oleh Nomura Holdings Inc yang naik pada laba positif.

Lima saham naik untuk setiap empat saham yang jatuh di indeks Topix pada istirahat perdagangan di Tokyo, siap untuk mencatatkan bulan terbaiknya sejak Juli. Yen jatuh ke level terlemahnya sejak Juli pada Kamis kemarin di tengah meningkatnya spekulasi pada kenaikan suku bunga The Fed di bulan Desember. Investor mengkaji melalui hasil perusahaan untuk mengukur kesehatan perusahaan Jepang, dengan lebih dari 350 perusahaan di Topix akan memberikan laporannya minggu ini. Hitachi Ltd dan Daiwa Securities Group Inc merupakan salah satu di antara mereka yang akan merilis laporan labanya Jumat ini.