PT Best Profit Futures Surabaya

Trik Paling Cerdas : Menagih Utang Teman Sendiri

BEST PROFIT FUTURES – Kehadiran seorang teman menjadi demikian penting pada saat tak ada orang lain yang bersedia menolong, apalagi ketika kita terlilit urusan uang yang mendesak.

Namun bagi sang pemberi utang, kebimbangan biasanya melanda ketika akan menagih utang tersebut kepada teman sendiri. Ada rasa tak enak hati ketika ingin menagih, padahal cara pandang tersebut jelas kurang sehat dari sisi pengelolaan uang.

Pelunasan utang, entah kepada siapa pun seharusnya menjadi kewajiban yang harus dipenuhi. Safir Senduk, perencana keuangan independen dan pendiri lembaga konsultasi keuangan Safir Senduk & Rekan, memberikan trik cerdas untuk menagih utang kepada teman.

Langkah pertama, menurut Safir, adalah menyinggung keberadaan utang itu secara halus.

“Seharusnya secara halus. Lihat itikadnya dulu si teman tentang utang itu, konfirmasi jumlahnya, baru bicarakan masalah pelunasannya, termasuk kemampuannya,” kata Safir. (Best Profit Futures)

Dia mengatakan situasi akan tenang dengan sendirinya jika tidak ada emosi yang terungkap dalam setiap bait pertanyaan yang dilontarkan seputar utang itu.

“Namanya juga teman. Tidak selamanya urusan uang bisa dianggap bisnis, jadi tenang-tenang saja dulu,” jelasnya.

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan, meski kurang populer di Indonesia, adalah membuat pernyataan ‘hitam di atas putih’. Surat perjanjian secara tertulis bisa jadi pilihan jika jumlah utang-piutang cukup besar bagi Anda, misalnya di atas Rp10 juta. (Best Profit Futures)

Dalam surat bisa dituliskan tanggal peminjaman dan jatuh tempo, sekaligus identitas peminjam serta tanda tangan saksi bila ada. Bila perlu bubuhkan juga materai layaknya surat peminjaman uang yang resmi.

Walaupun tidak populer, kondisi itu adalah yang paling ideal dan komunikasi akan berjalan mulus hingga menunggu tibanya jatuh tempo pelunasan. (Best Profit Futures)

Dolar bertahan di dekat lima bulan tertinggi terhadap yen di tengah spekulasi bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga karena Bank of Japan mempertahankan pelonggaran moneter.

Mata uang AS telah menguat terhadap semua kecuali satu dari 16 mata uang utama dalam bulan ini karena kemungkinan berdasarkan pasar bahwa The Fed akan menaikkan suku bulan depan naik menjadi 94 persen dari 71 persen pada akhir Oktober. Indeks greenback tetap berada di dekat level tertinggi sembilan bulan setelah data pada hari Selasa menunjukkan penjualan ritel AS lebih kuat dari perkiraan dan Presiden The Fed Boston Eric Rosengren mengatakan bank sentral akan memperketat dengan cepat stimulus fiskal tambahan. Presiden terpilih Donald Trump telah mengusulkan meningkatkan pengeluaran dan pemotongan pajak.

Dolar sedikit berubah di level 109,02 yen pada pukul 09:10 pagi di Tokyo dari Selasa kemarin, ketika menyelesaikan keuntungan dua hari dan menyentuh level 109,34, tertinggi sejak 2 Juni. Dolar telah menguat 4 persen dalam bulan ini. Indeks Bloomberg Dollar Spot, yang melacak mata uang terhadap 10 mata uang utama, naik 0,1 persen, memperpanjang kenaikan untuk bulan November menjadi 2,4 persen.

Sumber dari www.kabar24.com