Mau Lolos Wawancara Kerja? Ini Tips Lengkap Biar HRD Auto Kepincut

News

surat lamaran kerja

Jakarta – Mencari pekerjaan di tengah pandemi COVID-19 terbilang susah-susah gampang. Apalagi untuk golongan fresh graduate (lulusan baru) yang harus bersaing dengan kandidat berpengalaman.

Eits, jangan terburu-buru menyerah, karena tak jarang perusahaan yang mencari kandidat dari lulusan baru. Alasannya seperti lulusan baru mudah beradaptasi dan belajar sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Kemudian lulusan baru juga cenderung memiliki semangat kerja yang tinggi.

Chairman Asosiasi Praktisi dan Profesional ADM Future HR (FTHR) Audi Lumbantoruan berbagi beberapa tips dari mulai dari melamar kerja, wawancara virtual, hingga sikap yang harus dihindari saat wawancara.

Audi mengatakan, tips yang pertama bagi pelamar kerja baik itu fresh graduate ataupun berpengalaman harus mencari informasi melalui media online atau media resmi perusahaan.

“Banyak sekali perusahaan yang beralih membuka lamaran itu melalui virtual,” kata Chairman Asosiasi Praktisi dan Profesional ADM Future HR (FTHR) Audi Lumbantoruan saat dihubungi detikcom, Minggu (5/9/2021).

Sementara itu, Kementerian Ketenagakerjaan dalam unggahan di Instagram menambahkan tiga tips lainnya seperti menjalin networking, artinya menggunakan relasi untuk mencari informasi lowongan pekerjaan. Kemudian, bersikap ekstra responsif saat mendapatkan panggilan interview, serta siap selalu jika harus interview virtual

Terkadang, ada yang masih bingung apa saja yang harus disiapkan saat wawancara virtual. Berikut tips dari Andi Lumbantoruan:

Jangan telat

“Pertama jangan sampai telat ya, itu memberikan image yang tidak baik. Karena kan virtual harusnya bisa disiapkan dengan baik,” kata Andi

Siapkan peralatan

Dari sisi peralatan yang dibutuhkan seperti laptop, komputer, atau smartphone, speaker, earphone dan platform wawancara yang digunakan. Biasanya menggunakan Zoom meeting, Google Meet, dan lain sebagainya

Pastikan internetnya lancar, komputernya jangan habis baterai. Dites dulu satu jam sebelum dimulai wawancara. itu menjadi faktor penting yang mempengaruhi hasil dari wawancara Anda, karena apa? Sedikit saja masalah itu terjadi, impresi pewawancara anda itu langsung besar walaupun kita tahu itu nggak bisa dihindari misalnya internetnya down,” jelasnya.

Kelengkapan berkas

Pastikan sebelum wawancara dimulai sudah mengirimkan terlebih dulu resume atau CV, sehingga ketika interview sudah mengetahui garis besar pengenalan dan mempromosikan diri.

Pakaian rapi dan sopan

Bicara dengan baik, aktifkan video saat wawancara virtual, menggunakan pakaian rapi yang mempresentasikan kepribadian Anda.

Agar hasil semakin maksimal, penting untuk diketahui sikap apa saja yang harus dihindari saat wawancara pekerjaan:

Merasa paling pintar

Meskipun sudah berpengalaman, jangan menunjukkan sikap over confident karena dapat mempengaruhi penilaian. Anda harus membangun image dan bangun persepsi yang baik.

Jangan mendominasi pembicaraan

Hal ini terjadi khususnya jika sampai tidak memberikan kesempatan pada recruiter untuk memberikan pertanyaan. Usahakan untuk bersikap adaptasi termasuk dalam membawa alur pembicaraan saat interview kerja

BEST PROFIT
PT BESTPROFIT FUTURES
PT BESTPROFIT
BESTPROFIT

sumber detik

1 thought on “Mau Lolos Wawancara Kerja? Ini Tips Lengkap Biar HRD Auto Kepincut

Comments are closed.