PT Best Profit Futures Surabaya

Tips Buat Makalah Kuliah Lebih Tebal

Best Profit Futures – Tugas kuliah biasanya berbentuk makalah alias paper ilmiah. Nah, tugas makalah ini pulalah yang sering membuat mahasiswa terjebak mimpi buruk. Pasalnya, enggak semua orang memiliki kemampuan menulis. Apalagi jika dosen mensyaratkan jumlah minimal halaman makalah yang harus dipenuhi.

Biasanya, mahasiswa mengakali syarat ini dengan memperbesar ukuran huruf dan spasi antarbaris. Ngaku, deh, kamu termasuk mahasiswa yang memakai trik ini bukan? (Best Profit Futures)

Nah, tinggalkan cara “kuno” itu. Ada enam cara lebih modern dan ilmiah untuk membuat panjang makalah kita sesuai keinginan dosen. Simak tips ini.

1. Fokus ke konten
Dosen sudah khatam banget deh soal trik teknis mahasiswa memperpanjang makalah. Jadi, ketimbang sibuk menyesuaikan jenis dan ukuran font, lebih baik kita fokus ke konten. (Best Profit Futures)

Tambahkan kutipan untuk memperkuat contoh-contoh yang kamu ajukan. Riset yang baik akan membantumu mendapatkan beberapa kutipan relevan yang dapat memperkuat argumenmu. Tetapi, perhatikan baik-baik rambu-rambu mengutip, ya! Jangan sembarangan copy paste kalau enggak mau dicap plagiat.

2. Contoh tambahan di tiap paragraf
Jika kesulitan menambahkan kutipan, beri tambahan contoh untuk mendukung argumentasimu. (Best Profit Futures)

3. Detail per paragraf
Pastikan setiap paragraf memiliki satu kalimat utama, satu kalimat pendukung dan satu kalimat simpulan yang juga dapat berfungsi sebagai transisi ke paragraf berikutnya.
Tentu saja, satu paragraf harus memiliki lebih dari tiga kalimat.

Formulasi ini bisa jadi membuatmu tidak sadar telah menulis sekian banyak kalimat. Dan hasilnya, makalahmu akan lebih panjang, deh. Demikian dilansir About.com, Minggu (10/8/2014). (Best Profit Futures)

4. Argumentasi

Pikirkan baik-baik argumen yang kontradiktif dengan argumenmu. Kemudian, pastikan kamu sudah menyebut dan merespons argumen-argumen tersebut dalam makalah. Cara ini efektif untuk memastikan kamu sudah mencantumkan semua hipotesa dasar dan tentu saja, membuat makalahmu lebih tebal.

5. Konfirmasi dan konfirmasi lagi

Setelah menuliskan pembukaan, hipotesa dan keputusan, konfirmasi lagi semua pernyataanmu. Lakukan konfirmasi itu minimal dua kali dan jika perlu tambahkan kalimat-kalimat pendukung lainnya.

Bagian-bagian di luar pembahasan dan pembuktian hipotesa yang solid dan kuat bisa membantu makalahmu terlihat lebih baik. Bonus lainnya, kamu akan mengumpulkan makalah yang lebih panjang dan tebal.

  (Best Profit Futures)

Sumber dari http://kampus.okezone.com