PT Best Profit Futures Surabaya

Tips Agar Mobil Kesayangan Tetap Aman Saat Dipakai Mudik

PT Bestprofit
PT BESTPROFIT FUTURES Ada banyak hal yang harus benar-benar diperhatikan bila Anda ingin mudik dengan mengendarai mobil. Selain mempersiapkan kesehatan tubuh, pastikan Anda telah mengecek kondisi mobil kesayangan Anda.

Mudik dengan mobil kesayangan bisa semakin menyenangkan jika tidak mengalami kendala di jalan. Nah, bila ingin perjalanan mudik lebih aman dan nyaman, lakukanlah tips berikut ini. Ingat, jangan disepelekan! PT BESTPROFIT

1. Cek Kondisi Aki

Sangat penting melakukan pengecekan kelistrikan sebelum melakukan perjalanan mudik. Dengan begitu Anda dapat mengetahui besarnya arus yang masuk, hingga ada atau tidaknya kebocoran arus yang dapat membuat aki tidak dapat menyimpan listrik dalam waktu yang lama. BESTPROFIT

Air aki juga tidak boleh luput dari pengecekan karena jika kering akan merusak komponen lain di dalam kendaraan dan pastinya akan mengganggu perjalanan mudik Anda. BEST PROFIT

2. Kenali Kondisi Ban

Satu hal yang paling penting dan sering kali dilupakan sebelum mudik adalah memeriksa kondisi ban. Padahal, mengenali kondisi ban tidak begitu rumit.

Pertama, cek tekanan angin ban apakah sudah sesuai dengan ketentuan atau belum. Setelah itu perhatikan seksama ban kendaraan adakah komponen lain yang menempel atau tidak.

Memperhatikan retakan di ban atau batas Tread Wear Indicator (TWI) juga menjadi langkah yang tak kalah penting. Untuk TWI, batas ketebalan ban jangan lebih dari 1,6 mm. Ada baiknya bawa selalu ban cadangan beserta peralatan untuk menggantinya.

3. Sistem Penerangan dan Lampu

Cek kondisi lampu mobil apakah masih layak digunakan atau tidak. Meski terlihat sepele, lampu utama maupun lampu sein memiliki arti penting di perjalanan. Periksa kembali sistem kelistrikannya, terutama sambungan kabel dan kondisi kabel, serta bohlamnya.

4. Periksa Cairan Pendukung Kinerja Mobil

Fenomena mudik Lebaran tak pernah lepas dari kondisi jalan yang macet. Oleh karena itu gunakan pelumas yang tidak hanya bisa memberikan perlindungan di kondisi jalan normal. Saat kondisi jalanan macet, Anda tentu akan lebih sering menginjak rem dan gas (stop start).

Sumber : Detik