PT Best Profit Futures Surabaya

Sederhananya Pelantikan Menkeu Obama

BEST PROFIT FUTURES SURABAYA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) telah dilantik. Tugas berikutnya adalah memilih para menteri di kabinet.

Jika telah dipilih, para menteri itu akan dilantik oleh Jokowi di Istana. Setelah itu, biasanya akan ada seremoni di kementerian masing-masing.

Seremoni pelantikan menteri di Indonesia lazimnya dilakukan cukup mewah. Selain para pejabat kementerian, para pemangku kepentingan misalnya pengusaha kadang hadir dalam pelantikan. (BEST PROFIT FUTURES)

Namun hal yang berbeda sepertinya tidak berlaku di Amerika Serikat (AS). Meski berstatus sebagai negara dengan perekonomian nomor satu sedunia, pelantikan seorang menteri sepertinya berlangsung amat sederhana.

Contohnya kala pelantikan Jacob Josep ‘Jack’ Lew, Menteri Keuangan AS ke-76. Lew mengucapkan sumpah pada 28 Februari 2013.

Seperti dikutip dari situs US Departement of Treasury, Kamis (23/10/2013), suasana pelantikan Lew terlihat sangat santai meski tidak kehilangan esensi khidmatnya. (BEST PROFIT FUTURES)

Didampingi keluarganya, Lew dilantik di Oval Office yang merupakan ruang kerja Presiden Barack Obama di Gedung Putih. Dalam foto pelantikan, Lew terlihat mengangkat tangan kanan pertanda sumpah di depan Wakil Presiden Joseph ‘Joe’ Biden.

Di belakang Lew tampak sang istri Ruth Schwartz dan di belakangnya lagi adalah Presiden Obama yang terlihat sumringah.

Sementara di belakang Wapres Biden adalah sang putra Danny Lew yang menggendong Eliora Lew. Di belakangnya adalah sang putri, Soshana Lew, dan di belakangnya lagi istri Danny Lew yang bernama Zahava Lew yang membopong putranya, Moshe Lew.

Suasana ini tampak santai dan akrab. Jauh dari kesan bermewah-mewah. Jika Jokowi-JK ingin agar belanja negara lebih efisien, mungkin ada baiknya dimulai dari pelantikan yang sederhana layaknya di AS.

 Saham Jepang berfluktuasi terkait turunnya Nintendo Co untuk hari kedua menjelang laporan laba babak pertama, sementara Astellas Pharma Inc mendukung kenaikan saham produsen obat karena investor mengalihkan perhatian mereka ke neraca perusahaan seiring musim pelaporan yang masuk ke ayunan penuh. (BEST PROFIT FUTURES)

Indeks Topix turun 0,2 persen pada istirahat perdagangan di Tokyo, setelah diperdagangkan di kisaran ketat yang memperlihatkannya mendapatkan gain sebesar 0,1 persen. Tentang jumlah yang sama pada saham naik maupun jatuh. Investor mengalihkan fokus mereka ke pendapatan untuk mengukur kesehatan Jepang Inc, dengan lebih dari 350 perusahaan di Topix yang bersiap untuk menyerahkan laporannya minggu ini, termasuk pembuat presisi-motor Nidec Corp pada hari Senin. (BEST PROFIT FUTURES)

Sumber dari http://finance.detik.com