PT Best Profit Futures Surabaya

Samsung Galaxy S5, Ponsel yang Mengerti Kesehatan

BEST PROFIT FUTURES – Perusahaan analis Strategy Analytics menyatakan, meski pangsa pasar ponsel pintar Samsung menurun dibanding tahun lalu, perusahaan asal Korea Selatan ini masih tetap memimpin dengan 31,2 persen. Tahun lalu, Samsung menguasai pangsa pasar 32,4 persen pada kuartal yang sama.Galaxy S4 menjadi andalan Samsung untuk menguasai pasar ponsel pintar premium tahun lalu. Ponsel ini mendapat banyak penghargaan meski tak lepas pula dari kritik. Salah satunya lantaran Samsung terlalu menjejali ponsel ini dengan software yang “tak berguna” bagi kebanyakan orang awam.

Selain itu, user interface yang terlalu rumit dan bahan plastik yang dipakai untuk membungkus bodinya menjadi sasaran kritik. Tahun ini, Samsung mengeluarkan generasi penerus Galaxy S4, yang diberi nama Galaxy S5. Untuk mengetahui perbedaan dari S4, Tempo mencoba Galaxy S5 selama sepekan.
Samsung Galaxy S5, Ponsel yang Mengerti Kesehatan  
DESAIN

Kritik yang dilontarkan rupanya tak menyurutkan Samsung untuk tetap menggunakan bahan plastik pada Galaxy S5. Salah satu keuntungan dari bahan ini adalah bobot ponsel menjadi lebih ringan dibanding pesaingnya, seperti Sony Xperia Z2, HTC One M8, atau iPhone 5S. Bahkan lis kromium yang terkesan seperti metal di sekeliling S5 juga terbuat dari plastik.

Dari segi fisik, Galaxy S5 dan S4 tak beda jauh. Hanya, layar S5 sedikit lebih lebar, yakni 5,1 inci. Galaxy S5 juga dilengkapi dengan pemindai sidik jari yang disematkan pada tombol home. Fitur unggulan lainnya adalah pemindai detak jantung yang ditempatkan pada bagian belakang di bawah kamera.

Perbedaan lain dari Galaxy S4 adalah Galaxy S5 telah bersertifikat IP67, yang artinya ponsel ini tahan air dan debu. Seperti ponsel andalan Sony, Xperia Z2, yang juga pernah diulas Koran Tempo, Galaxy S5 mampu menyelam hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Agar air tak masuk mesin, Galaxy S4 dilindungi dengan penutup karet pada slot USB, yang terletak pada bagian bawah ponsel ataupun pada penutup baterai di bagian belakang. Saat Tempo mencelupkan S5 ke dalam air, benar, ponsel ini masih berfungsi dengan baik tanpa masalah.

LAYAR

Layar Galaxy S5 seluas 5,1 inci memiliki resolusi 1.920 x 1.080 piksel dengan kerapatan 432 piksel per inci. Layar jenis Super AMOLED yang diusungnya mampu menampilkan gambar tajam dan cerah dengan sudut pandang luas dan kaya warna berkat penggunaan teknologi in-plane switching atau IPS.

Saturasi warna dapat diatur secara manual atau otomatis yang disesuaikan dengan aktivitas pengguna, seperti saat membaca e-book atau menonton video. Adapun agar ponsel ini dapat dioperasikan dengan satu tangan, Samsung menghadirkan mode One-Handed Operation. Dalam mode ini, tampilan layar akan mengecil sehingga semua ikon terjangkau hanya dengan satu tangan.

FITUR

Fitur menarik dari Galaxy S5 adalah pemindai sidik jari yang ada pada tombol home. Cara menggunakan fitur ini adalah menyapukan jari di atas tombol itu dari bawah ke atas. Tiga kali gagal membuka ponsel, maka Anda diminta memasukkan password. Jika dirasa rumit, fitur ini bisa diabaikan.

Samsung tampaknya mengerti bahwa orang modern sangat peduli akan kesehatan. Maka, seperti pada Galaxy S4, pada S5 juga dibenamkan aplikasi S Health untuk memantau kesehatan pemilik Galaxy S5, termasuk pedometer dan food logger. (BEST PROFIT FUTURES).

Sedangkan pada bagian belakang ponsel terdapat sensor untuk mengetahui detak jantung yang terletak di bawah kamera. Cukup tempelkan jari di atas sensor tersebut, maka dalam hitungan detik hasilnya sudah terbaca. Fitur unik ini hanya ada pada Samsung Galaxy S5.

PERFORMA

Pada bagian dalam Galaxy S5, Samsung membenamkan teknologi premium. Prosesor yang digunakan adalah quad-core Qualcomm Snapdragon 801 SoC dengan kecepatan 2,5 gigahertz dan didukung oleh kapasitas RAM sebesar 2 gigabita. Tempo merasakan kecepatannya saat mencoba menjalankan sebuah aplikasi. Adapun memori internalnya adalah 16 gigabita dan dapat ditambah karena tersedia slot kartu memori. (BEST PROFIT FUTURES).

Beberapa fitur yang dibenamkan pada ponsel ini antara lain infrared, near field communication (NFC), sensor gerak, pemindai sidik jari, pemindai detak jantung, accelerometer, geomagnetism, gyroscope, barometer, sensor cahaya, dan proximity.

Kamera utama Galaxy S5 berkekuatan 16 megapiksel dengan lampu kilat LED. Sedangkan kamera depan 2 megapiksel. Kamera belakang mampu merekam video 4K (3.840 x 2.160 piksel) pada 30 frame per detik. Adapun kamera depan dapat merekam full-HD video (1.080p) pada 30 frame per detik. (BEST PROFIT FUTURES).

Untuk membuat semua fitur tersebut berfungsi, Samsung mempercayakan baterai berkekuatan 2.800 mAh yang dapat menopang ponsel untuk melek seharian. Untuk penggunaan Internet, baterai dapat bertahan selama 12 jam. Sedangkan untuk hanya memutar musik bisa hidup 67 jam.

KONKLUSI

Galaxy S5 adalah ponsel premium buatan Samsung. Dengan harga jual Rp 8,5 juta, Galaxy S5 memang menyasar konsumen kelas atas yang biasanya sangat peduli pada kesehatan. Untuk itu, berbagai aplikasi yang dapat memonitor kesehatan dibenamkan, termasuk sensor pengukur detak jantung.

Sementara pada Galaxy S4 aplikasi tak terpakai sangat banyak, pada Galaxy S5 ini Samsung lebih memilah aplikasi apa yang layak dipasang. Bahkan banyak fitur yang sangat berguna ditambahkan pada ponsel dengan performa premium ini.

  (BEST PROFIT FUTURES).
Sumber dari http://www.tempo.co