PT Best Profit Futures Surabaya

Permendag SVLK impor ditargetkan selesai September

Best Profit –   Penerapan Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) untuk produk kayu impor memasuki tahap finalisasi. Kementerian Perdagangan (Kemdag)

memproyeksikan September mendatang kebijakan tersebut dapat selesai. Sehingga dapat segera diselesaikan pada Januari 2015 mendatang. (Best Profit)

Partogi Pangaribuan Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag mengatakan,

kebijakan SVLK untuk impor produk kayu ini tidak akan jauh berbeda dengan ekspor.

“Mungkin sekali rapat lagi, kerena bentuknya hampir tidak beda dengan ekspor,” kata Partogi, Jumat (29/8).

Semangat penerapan SVLK impor ini tidak lain adalah untuk menjaga perdagangan produk kayu yang ramah lingkungan dan menghindarkan dari ilegal loging.

Dengan kebijakan ini, ketertelusuran asal produk kayu menjadi jelas.

Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS) impor bubur kayu Indonesia pada tahun 2013 lalu mencapai sekitar 3,85 juta ton, naik 5,5%

dibandingkan tahun 2012 yang mencapai 3,65 juta ton. Sementara itu impor untuk impor  (Best Profit)

kayu dan barang dari kayu tahun lalu mencapai 1,06 juta ton, atau meningkat 25% dibandingkan tahun 2012 yang hanya 848.729 ton.

  (Best Profit)

Dolar berada di dekat level tertingginya sejak Maret setelah mengalami kenaikan terhadap semua mata uang utama pasar negara berkembang

pada bulan lalu di tengah meningkatnya kepercayaan kepada Federal Reserve yang akan menaikkan suku bunga tahun ini.

Indeks Spot Dollar Bloomberg raih kinerja terbaiknya sejak Oktober 2008, melonjak 2,2 % seiring probabilitas berbasis pasar dari

pengetatan kebijakan moneter Fed pada akhir Desember naik menjadi lebih dari 70 % dari sebelumnya dibawah 60 % pada akhir September. Data hari Senin menunjukkan pembelian konsumen AS meningkat dibulan September, yang terbesar dalam tiga bulan terakhir karena pendapatan bertambah, mendukung kasus untuk biaya pinjaman yang lebih tinggi.

Indeks dolar Bloomberg, yang mengukur kinerja mata uang AS terhadap 10 mata uang utama lainnya, sedikit berubah pada pukul 09:09 pagi waktu Tokyo. Pada tanggal 28 Oktober, menyentuh level tertinggi sejak 16 Maret. Dolar stabil berada di level ¥ 104,84 dan di level $ 1,0969 per euro.

Sumber dari http://industri.kontan.co.id/