PT Best Profit Futures Surabaya

Pasar Modal dan Mekanisme Penjualan Saham

pasar modal

BEST PROFIT FUTURES – Mekanisme yang teratur dengan baik tentu akan mempengaruhi lancarnya kegiatan jula beli saham atau surat berharga dalam pasar modal.

Masyarakat tentu perlu mengetahui bagaimana cara kerja dan proses yang harus dijalankan dalam sebuah pasar bisnis dimana orang

akan menanam modal dengan mengharap keuntungan dari saham yang berkembang.

Ada beberapa tahapan yang akan anda ketahui

berikut ini mengenai mekanisme pasar ini sehingga memberi pengetahuan yang

cukup bagi mereka yang sama sekali tidak tahu menahu tentang jalannya transaksi dalam pasar ini.

Dalam setiap tahapnya juga ada beberapa poin yang harus diperhatikan agar

semua berjalan dengan lancer dan sesuai harapan.

Dalam tahapan-tahapan berikut, semua pihak tentu mempunyai

peran yang penting untuk membuat transaksi jual beli menjadi lancar.

   (Best Profit Futures)

Tahap Transaksi pada Pasar Modal

Ada beberapa tahap yang harus dijalankan para pelaku pasar modalagar transaksi yang mereka

lakukan dapat berjalan dengan lancer. Tahap pertama yang biasa dilakukan oleh pemilik perusahaan biasanya adalah pengenalan perusahaan mereka

pada masyarakat umum atau yang sering disebut dengan go public melalui penawaran saham perdana (Initial Public Offering, IPO).

Dalam tahap awal ini, perusahaan akan mendapat beberapa keuntungan yaitu lebih dikenal oleh masyarakat luas dan mereka akan mampu mendapat

kepercayaan masyarakat dalam menanamkan modal mereka pada perusahaan yang mereka miliki.

Untuk bisa go public, emiten juga harus melewati beberapa tahap yaitu:

– Tahap Persiapan

Pada tahap ini, perusahaan akan melakukan persiapan yang matang sebelum melakukan penawaran saham perdana. Dalam tahap persiapan akanada

keterlibatan berbagai pihak seperti penjamin emisi, akuntan public, penilai, konsultan hukum, dan juga notaries.

Semua pihak tersebut memiliki peran yang penting dalam tahap ini.

– Tahap Pengajuan Pernyataan Pendaftaran

Tahap ini menandai diterimanya perusahaan menjadi emiten dan sudah diijinkan oleh Bapepam untuk bergabung pada transaksi di pasar modal dan melakukan penjualan saham.

– Tahap Penawaran Saham   (Best Profit Futures)

Dalam tahap ketiga ini, para emiten akan melakukan penawaran kepada para investor yang ingin membeli saham pada perusahaan. Mereka bisa meminta bantuan kepada agen-agen yang sudah ditunjuk dalam melakukan jual beli dan mereka akan diinformasikan tentang siapa yang tertarik dan berminat membeli saham.

– Tahap Pencatatan Saham di Bursa Efek

Setelah terjadi kesepakatan antara emiten dan investor, maka langkah yang selanjutnya ditempuh ialah pencatatan kepemilikan saham yang baru oleh para investor. Hal ini sangat penting mengingat para investor harus tercatat secara resmi sebagai pemilik saham setelah mereka membeli sebagian saham dari sebuah perusahaan pada transaksi di pasar saham.

Tentunya, proses dan prosedur yang resmi bersifat tetapdan berlaku di pasar modal akan membantu kelancaran proses transaksi jual beli saham oleh semua pihak yang terlibat. Oleh sebab itu, semua transaksi hendaknya mempunyai acuan peraturan yang disepakati bersama sehingga semua pihak tidak ada yang merasa dirugikan. Dalam melakukan tiap tahapnya tentu tidak bisa dilakukan dengan sembarang atau memang harus dipikir dengan matang sehingga kedua pihak akan sama-sama mendapatkan keuntungan sesuai harapan.

Dengan demikian, jelas bahwa masyarakatluas mempunyai hak yang sama dalam membeli saham untuk mendapatkan keuntungan dari investasi dan juga pengalaman menjadi bagian dalam transaksi jual beli saham. Sebagai penutup, semua yang terjadi antara investor dan emiten disini sangat bergantung pada mekanisme yang dijalankan secara procedural dan tepat pada pelaksanaan transaksi di Pasar Modal.   (Best Profit Futures)