PT Best Profit Futures Surabaya

OJK: Konflik Geopolitik Perkuat Dolar AS

Best Profit – Meningkatnya tensi geopolitik di Ukraina dan Timur Tengah telah membuat pergerakan pasar keuangan global variatif. Selain itu, penantian kabar dari

Bank Sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve turut membawa sentimen tersendiri pada pasar.

“Ekspektasi keberlanjutan kebijakan yang akomodatif yang diambil oleh para pemangku kebijakan keuangan di Amerika Serikat dan Eropa mempengaruhi pasar global,”

jelas Ketua dewan komisioner OJK, Muliaman D Hadad, dari keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (28/8/2014).   (Best Profit)

Mengutip kata-kata Chairman the Fed, Janet Yellen, Muliaman mengatakan perlunya pendekatan pragmatis dalam kebijakan moneter ketika slack di pasar tenaga kerja masih berlaku.

“Ini memungkinkan para pengambil kebijakan melakukan evaluasi perkembangan data ekonomi secara tepat,” jelasnya.

Selain itu, dia mengatakan Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Mario Draghi menyatakan

bahwa ECB siap memanfaatkan semua instrumen yang tersedia apabila tingkat inflasi Eurozone kembali turun.

“Kondisi ini antara lain ditunjukkan oleh pergerakan positif beberapa bursa-bursa saham global di Amerika Serikat, Eropa, Jepang dan China,” pungkasnya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, pergerakan nilai tukar beberapa mata uang di beberapa negara menunjukkan adanya pelemahan terhadap dolar AS.

“Beberapa mata uang asing yang mengalami pelemahan terhadap dolar AS adalah yen Jepang dan Euro,” tutupnya.

    (Best Profit)

Dolar berada di dekat level tertingginya sejak Maret setelah mengalami kenaikan terhadap semua mata uang utama pasar negara berkembang pada bulan lalu

di tengah meningkatnya kepercayaan kepada Federal Reserve yang akan menaikkan suku bunga tahun ini.

Indeks Spot Dollar Bloomberg raih kinerja terbaiknya sejak Oktober 2008, melonjak 2,2 % seiring probabilitas berbasis pasar dari pengetatan

kebijakan moneter Fed pada akhir Desember naik menjadi lebih dari 70 % dari sebelumnya dibawah 60 % pada akhir September.

Data hari Senin menunjukkan pembelian konsumen AS meningkat dibulan September, yang terbesar dalam tiga bulan terakhir karena pendapatan bertambah, mendukung kasus untuk biaya pinjaman yang lebih tinggi.    (Best Profit)

Indeks dolar Bloomberg, yang mengukur kinerja mata uang AS terhadap 10 mata uang utama lainnya, sedikit berubah pada pukul 09:09 pagi waktu Tokyo.

Pada tanggal 28 Oktober, menyentuh level tertinggi sejak 16 Maret. Dolar stabil berada di level ¥ 104,84 dan di level $ 1,0969 per euro.     (Best Profit)

Sumber dari http://economy.okezone.com