Muhammadiyah Sambut Baik Istiqlal Buka Kaderisasi Ulama Perempuan

News

 

Masjid Istiqlal akan membuka kaderisasi untuk ulama perempuan. Muhammadiyah menilai saat ini mubalig atau penceramah perempuan masih kurang. BEST PROFIT

“Baik sekali, sebab mubalig perempuan masih kurang dibandingkan dengan mubalig laki-laki,” ujar Ketua PP Muhammadiyah Dadang Kahmad, saat dihubungi, Selasa (23/2/2021).

Menurut Dadang, lebih bagus jika jemaah perempuan diberikan ceramah oleh penceramah perempuan. Menurutnya, hal ini membuat informasi yang disampaikan dapat lebih dimengerti.

“Juga lebih bagus jika mustami perempuan di ceramahi oleh mubaligh perempuan, lebih mengerti dan paham persoalan perempuan,” tuturnya.

Diketahui, Masjid Istiqlal meluncurkan 41 program baru yang diberi nama ‘The New Istiqlal’. Salah satu program itu, Masjid Istiqlal akan membuka kaderisasi untuk ulama perempuan. PT BESTPROFIT FUTURES

Program ‘The New Istiqlal’ itu disampaikan oleh Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar dalam peringatan Milad Masjid Istiqlal ke-43 yang disiarkan di akun YouTube Masjid Istiqlal TV, Senin (22/2/2021). Salah satu program itu adalah kaderisasi ulama.

“Di antara ke-41 program itu ada yang kita kenal dengan Majelis Mudzakarah Masjid Istiqlal. Kita menghimpun para ulama besar yang saya kira siapapun tidak mengenal beliau-beliau, mungkin tidak banyak terlibat lagi kemasyarakatan dakwah, kemasyarakatan lainnya, aktif menulis dan juga memberikan advice pada para ulama muda yang diketuai oleh Prof. Dr. HM. Quraish Shihab ditambah dengan 20 orang. Di bawah Majelis Mudzakarah ini kita melahirkan pendidikan kader ulama yang setara dengan S2 dan S3 yang bekerja sama dengan Istitut Perguruan Tinggi Ilmu Al Quran Jakarta,” kata Nasarudin dalam sambutannya. PT BESTPROFIT

Kaderisasi ulama itu dibuka, kata Nasaruddin lantaran banyak ulama yang meninggal dunia. Imam Besar Masjid Istiqlal itu mengungkap kurangnya penerus ulama yang baru.

Pada program itu, Nasaruddin menyebut Masjid Istiqlal akan membuka pendidikan kaderisasi untuk ulama perempuan. Program ini kata Nasaruddin adalah pertama di dunia Islam.

“Dan yang lebih khususnya lagi saya ingin juga men-declare pada malam ini, kita akan mendeklarasikan atau membuka pendidikan kader ulama perempuan mungkin ini yang pertama di dalam dunia Islam,” jelas dia. BESTPROFIT

Sumber : detik

1 thought on “Muhammadiyah Sambut Baik Istiqlal Buka Kaderisasi Ulama Perempuan

Comments are closed.