PT Best Profit Futures Surabaya

Mengenal Makna Tongkonan di Toraja

Best Profit Futures – MENAPAKI kaki di tanah Tana Toraja, Anda akan disuguhkan pemandangan yang khas. Ada jejeran tongkonan di samping rumah-rumah penduduk setempat.

Tongkonan merupakan rumah adat yang dibangun dari kayu tanpa konstruksi logam di dalamnya seperti paku. Filosofi rumah adat ini mencakup kepercayaan, kebanggaan, tradisi kuno dan peradaban. (Best Profit Futures)

Tongkonan adalah rumah adat dengan ciri rumah panggung dari kayu, di mana kolong di bawah rumah biasanya dipakai sebagai kandang kerbau. Atapnya rumah tongkonan dilapisi ijuk hitam dan bentuknya melengkung persis seperti perahu telungkup dengan buritan. Ada juga yang mengatakan bentuknya seperti tanduk kerbau. Sekilas mirip bangunan rumah gadang di Minang atau Batak.

Semua rumah tongkonan yang berdiri berjejer akan mengarah ke utara. Arah tongkonan yang menghadap ke utara, serta ujung atap yang runcing ke atas melambangkan leluhur mereka yang berasal dari utara. Ketika nanti meninggal, mereka akan berkumpul bersama arwah leluhurnya di utara. (Best Profit Futures)

Uniknya lagi, rumah adat ini juga melambangkan status sosial bagi penghuninya. Semakin besar tongkonan yang dibangun, semakin kaya pula orang tersebut. Begitu pula sebaliknya, tongkonan wajib dimiliki masyarakat Toraja karena tempat ini digunakan sebagai menyimpan mayat sebelum mereka dikuburkan.

Tongkonan milik bangsawan Toraja berbeda dari orang umumnya. Yaitu pada bagian dinding, jendela, dan kolom, dihiasi motif ukiran yang halus, detail, dan beragam. Ada ukiran bergambar ayam, babi dan kerbau, serta diselang-seling sulur mirip batang tanaman. (Best Profit Futures)

Inilah salah satu bentuk kearifan lokal yang mengagumkan dari sebuah rumah adat Nusantara. Tongkonan adalah rumah khas masyarakat Tana Toraja di Sulawesi Selatan. Hingga saat ini, rumah unik tersebut bersama budaya Tana Toraja lainnya menjadi daya tarik wisata dan terus-menerus diminati pelancong.

  (Best Profit Futures)

Tongkonan milik bangsawan Toraja berbeda dari orang umumnya. Yaitu pada bagian dinding, jendela, dan kolom, dihiasi motif ukiran yang halus, detail, dan beragam. Ada ukiran bergambar ayam, babi dan kerbau, serta diselang-seling sulur mirip batang tanaman.

Inilah salah satu bentuk kearifan lokal yang mengagumkan dari sebuah rumah adat Nusantara. Tongkonan adalah rumah khas masyarakat Tana Toraja di Sulawesi Selatan. Hingga saat ini, rumah unik tersebut bersama budaya Tana Toraja lainnya menjadi daya tarik wisata dan terus-menerus diminati pelancong. (Best Profit Futures)

Sumber darihttp://travel.okezone.com