PT Best Profit Futures Surabaya

Kunci Sukses Atur Keuangan Anda

PT Bestprofit
PT BESTPROFIT FUTURES Banyak orang mengeluh bahwa mereka tidak bisa membuat perencanaan keuangan. Mereka bilang, keinginan sih ada dan banyak, tapi uangnya tidak ada.

Jadi boro-boro bisa merencanakan keuangan, setiap bulan aja makan sudah mepet. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa kunci sukses dalam sebuah perencanaan keuangan adalah kepiawaian anda dalam mengatur keuangan bulanan anda. PT BESTPROFIT

Sementara pertanyaan semua orang adalah, apa sih kunci sukses dari mengatur keuangan anda? Nah, berikut ini akan dibahas beberapa kunci sukses atur keuangan anda agar keuangan bulanan lebih terjaga dan anda tidak boros lagi. BESTPROFIT

Pertama, ketika harus belanja bulanan buatlah daftar belanja bulanan dan tetap bertahan dengan daftar belanjaan tersebut. BEST PROFIT

Salah satu cara mudah untuk bisa sukses dalam mengatur keuangan anda adalah dengan pergi belanja hanya bila anda sudah mempunyai daftar belanjaan anda.

Sebab, bila anda ‘nekat’ pergi belanja tanpa membawa daftar belanjaan, maka biasanya anda akan membeli barang-barang yang tidak anda butuhkan, atau impulse buying.

Beberapa impulse buying disebabkan hanya karena anda melihat tulisan ‘diskon’ ketika anda berbelanja, padahal barang tersebut kemungkinan tidak anda butuhkan.

Membuat daftar belanjaan menjadi penting, tidak hanya membantu anda fokus pada barang belanjaan yang anda butuhkan dan penting saja, tapi juga menghindari anda membeli makanan yang mungkin saja tidak anda makan atau malah terbuang.

Ingat membuang makanan yang tidak termakan sama saja dengan membuang uang anda. Selalu buat daftar belanjaan dan fokus hanya kepada barang yang ada di daftar belanjaan anda.

Kedua, Anda suka berkumpul dan sosialisasi dengan teman-teman anda? Undang mereka ke rumah dan membawa makanan daripada ketemu di luar (mall). Makan di luar adalah cara tercepat untuk menghancurkan anggaran makan bulanan dan anggaran hiburan anda.

Apapun argumennya, makan di rumah dan bermain bersama teman-teman anda di rumah jauh lebih murah dibandingkan harus dilakukan di luar.

Apa yang harus anda lakukan? Sewaktu saya tinggal di Amerika saya sering melakukan hal ini. Saya mengundang teman-teman untuk main ke apartemen saya, atau kita pergi ke rumah teman yang mempunyai rumah dengan kolam renang.

Masing-masing orang akan membawa 1 jenis makanan (kita sering menyebutnya potluck), bisa buah, bisa daging (ayam, sapi, ikan), bisa pasta, bisa pudding dan makanan menutup lainnya, dan bisa juga membawa minuman.

Tuan rumah hanya menyediakan tempat dan piring kertas (agar tidak repot harus cuci). Setelah itu seluruh makanan ditempatkan di meja dan kita makan bersama dengan cara berbagi makanan-makanan tersebut.

Setelah selesai acara makan, diteruskan dengan acara main games, yang laki-laki biasanya diteruskan dengan menonton TV olah raga, yang wanita diteruskan dengan bergosip, sementara anak-anak bisa berenang atau bermain yang lainnya.

Tidak jarang kami semua juga bermain kartu atau uno block. Acara ini lebih seru, lebih akrab dan lebih kekeluargaan. Dan yang pasti, jauuuuuh lebih murah.

Ketiga, anda punya pakaian sobek atau kancing putus, atau kebesaran/kekecilan? Perbaiki pakaian anda, jangan dibuang.

Saya pernah tinggal di Tokyo Jepang selama kurang lebih 5 tahun. Kebiasaan orang di sana adalah membuang barang ketika ada yang rusak.

Mengapa demikian? Karena memperbaiki barang yang lama biayanya sama atau bahkan lebih mahal daripada membeli barang baru. Mengapa demikian?

Karena Tenaga kerja di sana mahal. Lain halnya dengan di Indonesia. Di negara yang kita cintai ini, memperbaiki barang (untuk banyak hal) jauh lebih murah dibandingkan membeli barang baru yang sejenis. Demikian juga dengan pakaian.

Beberapa pakaian kesayangan saya harus sobek di beberapa tempat atau kancing hilang, maka yang saya lakukan adalah memperbaikinya dengan cara menjahit. Bahkan ada satu celana jeans yang saya beli ketika liburan keluar negeri terpaksa belang karena ketumpahan tinta pulpen dari kantong saya.

Beberapa saat saya tidak terpikir apa yang bisa dilakukan dengan celana jeans kesayangan saya ini sampai saya mendapatkan ide untuk menutup bercak tinta tersebut dengan emblem. Dan celana tersebut bisa saya pakai lagi.

Keempat, Jangan berfoya-foya hanya untuk kesenangan / bermain anak anda. Banyak anak kecil sangat mudah dibuat senang dan biasanya juga sangat murah. Anda bisa bermain di halaman rumah atau halaman komplek bersama anak anda sambil belajar tentang alam.

Anda bisa juga bermain di rumah dengan cara kreatif membuat barang atau mainan dari kertas koran atau kertas bekas. Ingat anak membutuhkan waktu anda, bukan uang anda? So yang harus anda luangkan adalah waktu untuk bermain dan berkreativitas dengan anak anda, bukan anak anda dibelikan mainan saja.

Sisi lain yang juga tidak kalah penting, sering kita melihat anak seumur 1-2 tahun yang dirayakan acara ulang tahun besar-besaran di restoran mewah bahkan sampai menyewa ruangan hotel.

Hal ini sangatlah berlebihan dan tidak berguna. Anak usia tersebut belum mengerti apa yang terjadi di sekitar mereka. Mereka bahkan belum tentu ingat ulang tahunnya.

Kalaupun mereka sudah besar nanti mereka juga tidak akan menyesal bila tidak dirayakan ulang tahun untuk tahun 1-2 dari kehidupan mereka.

Merayakan ulang tahun besar-besaran untuk anak batita lebih kepada menunjukan gengsi orang tuanya (atau kakek neneknya), karena saya yakin undangan terbanyak pasti teman dari orang tua dan kakek neneknya.

Sumber : Detik