PT Best Profit Futures Surabaya

Kontroversi Pernyataan Hendropriyono

Pernyataan Eks Kepala BIN AM Hendropriyono yang memberi peringatan kepada WNI keturunan Arab menjadi kontroversi. Ia menyebut mulai dari nama imam besar FPI Habib Rizieq Syihab hingga Ketua GNPF-Ulama Yusuf Martak agar tidak menjadi provokator. BEST PROFIT

“Saya peringatkan Rizieq, Yusuf Martak, dan orang-orang yang meneriakkan revolusi kan sudah banyak. Itu inkonstitusional, merusak disiplin dan tata tertib sosial, jangan seperti itu,” kata Hendropriyono kepada wartawan, Selasa (7/5/2019).

Hendropriyono tak mau seruan makar meluas. Untuk itu ia merasa perlu memberi peringatan kepada warga keturunan Arab untuk tidak memprovokasi revolusi sampai membuat masyarakat turut ke jalan.

Eks Ketum PKPI itu menyebut banyak warga keturunan Arab yang sangat dihormati. Hendropriyono mengatakan banyak warga keturunan Arab yang dimuliakan serta diakui sebagai informal leader. Untuk itu, ia mengimbau agar para warga keturunan Arab supaya mengayomi masyarakat.

“Jangan malah memprovokasi revolusi, memprovokasi untuk turun melakukan gerakan politik jalanan. Itu inkonstitusional,” ucap Hendropriyono. PT BESTPROFIT FUTURES

Hendropriyono menyebut keturunan Arab juga berjuang untuk Republik Indonesia, demikian juga warga keturunan China. Ia lantas mengapresiasi sejumlah tokoh keturunan Arab yang dihormati dan sangat berperan di Indonesia. Menurutnya lebih banyak warga keturunan Arab yang mengabdi di tengah masyarakat.

“Saya mengimbau agar para jamaah, begitu kaum Arab WNI menyebut diri mereka, bergabung dalam paguyuban Hadromi yang dipimpin Bapak Moh Alkatiri. Di bawah naungan organisasi tersebut jiwa nasionalisme dapat tertempa, sehingga jauh dari sifat provokasi,” kata Hendropriyono.

Dia menegaskan peringatannya ini tak ada tendensi SARA. Hendropriyono mengatakan pernyataannya ini justru sebagai pengingat betapa warga keturunan Arab memiliki peranan penting di Indonesia.

“Nenek moyang saya juga ada Arabnya juga. Saya nasionalis, saya tidak membenci mereka. Tidak ada urusan SARA, saya justru mengingatkan mereka itu punya peran penting di masyarakat,” tegasnya.

Pernyataan Hendropriyono mendapat respons dari Sandiaga Uno. Cawapres Prabowo Subianto ini mengaitkan pernyataan Hendropriyono dengan Pemilu 2019. Ia mengomentari soal kekhawatiran Hendropriyono akan provokasi dari pihak-pihak tertentu. PT BESTPROFIT

Menurut Sandiaga, masyarakat tak akan terprovokasi apabila Pemilu 2019 berjalan dengan jujur dan adil. Eks Wagub DKI Jakarta itu juga meminta semua pihak tidak membesar-besarkan suatu masalah

“Saya yakin masyarakat Indonesia nggak gampang terprovokasi selama proses pemilu itu dilakukan sejujurnya dan seadil-adilnya. Prosesnya jurdil, honest, transparan, dan bermartabat, saya yakin kita nggak perlu khawatir. Tapi seandainya proses pemilunya nggak jurdil, ya masyarakat tak bisa menerima hasilnya,” papar Sandiaga.

“Jadi buat saya nggak usah terlalu… Kita melihat, kita bilang, kita nggak usah terlalu membesar-besarkan sesuatu. Masyarakat kita sangat dewasa. Mereka nggak bakal mudah terprovokasi selama pemilu itu jurdil,” imbuhnya. BESTPROFIT

Sumber : Detik