PT Best Profit Futures Surabaya

Kim Jong-Un Bertemu Presiden China, Ini Komentar Trump

PT Bestprofit
PT BESTPROFIT FUTURES Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akhirnya mengomentari pertemuan bersejarah antara Presiden China Xi Jinping dengan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un yang baru berlangsung di Beijing. Apa komentar Trump?

Dalam pernyataan lebih awal, juru bicara Gedung Putih Sarah Sanders menyatakan pemerintah China telah menghubungi otoritas AS pada Selasa (27/3) untuk memberitahu kunjungan Kim Jong-Un ke Beijing. Sanders juga menyebut ada ‘pesan pribadi’ dari Presiden Xi Jinping untuk Trump yang ikut disampaikan. Namun dia tidak merinci isi pesan itu. PT BESTPROFIT

Seperti dilansir Reuters, Rabu (28/3/2018), Trump memberikan komentar soal pertemuan itu via akun Twitternya, @realDonaldTrump, pada Rabu (28/3) dini hari waktu AS. Trump menyebut soal pesan yang diterimanya dari Presiden Xi. BESTPROFIT

“Sudah menerima pesan semalam dari XI JINPING dari China bahwa pertemuannya dengan KIM JONG UN berjalan sangat baik dan bahwa KIM menantikan untuk bertemu dengan saya,” tulis Trump dalam komentarnya via Twitter itu. BEST PROFIT

“Untuk sementara waktu, dan sangat disayangkan, sanksi-sanksi dan tekanan maksimum harus dipertahankan apapun yang terjadi!” imbuhnya.

Dalam pernyataan lanjutan, Gedung Putih menyebut, China mengungkapkan janji denuklirisasi dari Korut dalam pesannya untuk Trump. Trump juga membahas soal denuklirisasi Korut dalam kicauannya.

“Selama bertahun-tahun dan melewati banyak pemerintahan, semua orang mengatakan perdamaian dan denuklirisasi di Semenanjung Korea bukanlah kemungkinan kecil. Sekarang ada kesempatan yang baik bahwa Kim Jong-Un akan melakukan hal yang benar bagi rakyatnya dan bagi kemanusiaan. Menantikan pertemuan kami!” tutur Trump via Twitter.

Kunjungan Kim Jong-Un ke China merupakan lawatan luar negeri pertamanya sejak memimpin Korut tahun 2011. Dalam jamuan makan di Beijing, Kim Jong-Un mengisyaratkan pentingnya China bagi Korut. “Ini adalah kewajiban serius saya sebagai seseorang yang harus menghargai dan melanjutkan hubungan DPRK-RRC dari generasi ke generasi,” ujarnya seperti dilansir kantor berita resmi Korut, KCNA.

Dalam pertemuan itu, Kim Jong-Un pun mengundang Xi untuk melakukan kunjungan resmi ke Pyongyang. “Undangan tersebut diterima dengan senang hati,” demikian dilaporkan KCNA.

Kunjungan Kim Jong-Un yang dirahasiakan oleh China dan Korut ini sempat memicu spekulasi berkepanjangan sejak awal pekan ini. Otoritas China baru resmi mengumumkan kunjungan itu pada Rabu (28/3) waktu setempat, setelah Kim Jong-Un telah kembali ke Korut.

Sumber : Detik