PT Best Profit Futures Surabaya

Kerupuk Sehat dari Daun Bakau

BEST PROFIT FUTURES – Di pantai, jejeran pohon mangrove (bakau) berfungsi sebagai pemecah ombak dan pencegah abrasi pantai. Ternyata, seperti pohon kelapa, semua bagian pohon mangrove pun bisa dimanfaatkan.

Salah satu pemanfaatannya adalah mengolahnya menjadi makanan dan minuman sehat. Bagian daun mangrove jenis jeruju misalnya, bisa diolah menjadi obat. Bahkan, kita juga bisa menyulap daun mangrove menjadi kerupuk.

Inovasi ini lahir dari tangan-tangan mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Mereka adalah Laila Nurhayati (Prodi Pendidikan IPA), Nur Dwi Laili Kurniawati, Jihan Ulya Mulyani dan Afifah Nur Indah Sari (Prodi Pendidikan Matematika) yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKMM) 2014.

Laila menjelaskan, untuk membuat kerupuk mangrove, kita memerlukan tepung kanji, tepung sagu, tepung terigu, bawang putih, soda kue, garam, air dan minyak goreng. “Proses membuatnya cukup mudah, kita hanya perlu mencampur semua bahan tersebut sampai teraduk rata,” kata Laila, seperti disitat dari laman UNY, Kamis (3/7/2014).   (Best Profit Futures )

Secara rinci dia memaparkan, pertama-tama, blender daun mangrove jeruju dengan air. Kemudian, ambil tepung sekira delapan hingga sepuluh sendok makan dan tambahkan sekira 650 cc air daun mangrove jeruju tadi, aduk rata.

Selanjutnya, adonan dipanaskan hingga menjadi bubur kental. Tuangkan bubur ke sisa campuran tepung sambil diuleni hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan.   (Best Profit Futures )

Adonan yang sudah jadi ini kita bentuk silinder dan dikukus selama satu jam hingga benar-benar matang. Setelah diangin-angin, potong tipis-tipis dan jemur sampai kering.

“Kerupuk yang kering pun siap digoreng,” imbuh Laila.   (Best Profit Futures )

Meski muda, belum banyak warga yang tinggal di kawasan hutan mangrove Dusun Baros Desa Titohargo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengerti cara pembuatan kerupuk mangrove tersebut. Padahal, dengan diolah menjadi kerupuk, daun mangrove pun akan memiliki nilai jual.

Laila dan teman-temannya pun mengadakan pelatihan pembuatan kerupuk mangrove kepada warga desa. Kegiatan tersebut dimulai dengan pelatihan memilih daun mangrove sebagai bahan dasar pembuatan krupuk. Tahap berikutnya adalah pelatihan pembuatan kerupuk daun mangrove.   (Best Profit Futures )

Kegiatan pelatihan melibatkan warga empat RT dan dlakukan secara bertahap. Setelah pelatihan, tim Laila pun akan melakukan evaluasi pelaksanaannya.

“Dengan pelatihan ini,  diharapkan kesejahteraan warga di daerah Dusun Baros dapat meningkat,” ujar Laila.

    (Best Profit Futures )

Sumber dari http://kampus.okezone.com