PT Best Profit Futures Surabaya

Kepiting Soka Jadi Primadona, Berikut Alasannya

BEST PROFIT FUTURES SURABAYA – Kepiting soka atau asoka adalah kepiting yang sedang mounting atau berganti cangkang. Setiap 20 hari, kepiting melepaskan cangkang karena tidak sesuai lagi dengan ukuran tubuh yang terus membesar. Di hari ke-19, cangkang lama terlepas, dan cangkang baru belum mengeras. Saat itulah kepiting dipanen.

Bibit kepiting soka ukuran kecil hingga 150 gram yang diperoleh pencari kepiting dihargai Rp45 ribu per kilogram. Kepiting lembut ini paling mahal dijual Rp105 ribu per kg. (BEST PROFIT FUTURES)

“Jadi, bibit kepiting soka ini berat 150 gram dipotong jarinya dan dilepas capitnya. Lalu dimasukkan ke boks plastik rebook. Dalam 15–19 hari tumbuh kepiting baru dengan kulit dan cangkang lembut akan muncul. Dia kayak ganti kulit dari keras ke lunak,” terang Suharyono, pekerja dari petani budidaya soka sejak 2006, ketika ditemui di wilayah Kelurahan Tritip, Balikpapan.

“Tingkat keberhasilan, misalnya dari 100 bibit dimotilasi (dipotong jari dan dilepas capitnya), hanya 75 persen. Kegagalan karena susut 5 persen, sisanya gagal ganti kulit 20 persen,” sambungnya. (BEST PROFIT FUTURES)

Kepiting soka lebih banyak jantan dan banci halus yang dikembangkan ketimbang betina. Sebab, menurut Suharyono, betina tingkat kegagalannya tinggi. “Dia enam banding satu. Dia menunggu bertelur, makanya rugi,” ujarnya.

“Sekarang Kalau ukuran kecil di bawah 150 gram itu agak sulit. Makanya, banyak yang minta supaya stok di bawah 150 gram dihabiskan dulu untuk dipasarkan,” tambahnya.

Kepiting soka jadi primadona karena harganya yang tinggi. Bibitnya saja dibeli dari pencari kepiting Rp45 ribu per kg. Syamsudin pemilik lahan 5 hektare di RT 23 Kelurahan Tritip, Balikpapan Timur, ini mengaku petani budidaya kepiting soka sudah lama dengan ukuran 150 gram. (BEST PROFIT FUTURES)

“Untuk Soka itu ukuran berat maksimal bagusnya 200 gram, karena masih lembut kepitingnya. Harganya masih tinggi per kg dari petani Rp105 ribu. Jadi, masih primadona memang,” katanya. (BEST PROFIT FUTURES)

Kepiting ini bisa untuk disajikan dalam bentuk abon, peyek kepiting, atau dibuat dengan saus tiram atau saus lada hitam. “Dia bisa dimakan seluruhnya termasuk cangkang dan capitnya karena lembut,” pungkasnya.

Sumber dari http://economy.okezone.com