PT Best Profit Futures Surabaya

Jual Saham China Minzhong, Indofood Bakal Lunasi Pinjaman

Best Profit
Best Profit Futures – PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) memproses penjualan saham China Minzhong Food Corporation (CMZ).

Dalam prosesnya, ada perubahan dan pelaksanaan rencana transaksi atas nota kesepahaman (MoU) pada 14 Oktober 2015 antara

PT Indofood Sukses Makmur Tbk dan China Minzhong Holdings Limited (CMZ BVI) atas pembelian saham CMZ dari Indofood sekitar 347 juta saham.

Perseroan telah menandatangani implementation agreement (perjanjian) dengan CMZ BVI dan Marvellous Glory Holdings Limited pada 6 September 2016 atas perubahan dan pelaksanaan rencana transaksi dalam MoU.

Marvellous BVI, yang sekitar 92,99 persen sahamnya dimiliki secara tidak langsung dan dikendalikan Direktur Utama Indofood

Anthoni Salim akan melakukan penawaran tender sukarela untuk akuisisi seluruh saham CMZ termasuk 543,25 juta saham CMZ yang dimiliki Indofood. (Best Profit Futures)

Harga penawaran sekitar SGD 1,2 per saham. Transaksi penawaran itu dilakukan sesuai peraturan yang berlaku di Singapura untuk seluruh saham CMZ termasuk saham CMZ milik Indofood.

Pemegang saham CMZ yang menerima transaksi penawaran itu harus memilih salah satu penyelesaian transaksi penawaran. Pertama, setiap lembar saham CMZ akan dibayarkan penuh dan tunai sebesar SGD 1,2.

Kedua, setiap lembar saham CMZ akan dibayarkan secara tunai sebesar SGD 0,7665 dan sisanya SGD 0,4335 dibayarkan dalam bentuk zero coupun exchangeable bonds yang akan diterbitkan oleh Marvellous BVI.

Exchangeable bonds akan ditukar menjadi saham CMZ dengan harga penukaran SGD 1,2 per saham. Exchangeable bonds itu akan wajib ditukarkan menjadi saham CMZ pada akhir periode penukaran.(Best Profit Futures)

Marvellous BVI pun mampu untuk melaksanakan transaksi penawaran secara penuh, dan telah memiliki sumber dana yang mencukupi.

Indofood pun akan menerima transaksi penawaran dalam periode masa penawaran dan memilih penyelesaian kombinasi sebagai pembayaran.

Total dana yang akan diterima Indofood sekitar SGD 651,90 juta atau sekitar Rp 6,32 triliun (asumsi kurs Rp 9.702 per dolar Singapura).

Komposisi penerimaan dana itu antara lain dana tunai SGD 416,40 juta dan exchangeable bonds senilai SGD 235,40 juta.

Indofood pun akan menukarkan exchangeable bonds pada harga penukaran yang setara dengan harga penawaran menjadi 196,24 juta lembar saham CMZ.

Jumlah itu mewakili 29,94 persen dari seluruh saham CMZ yang dikeluarkan.

Ada sejumlah pertimbangan yang membuat perseroan tetap mempertahankan kepemilikan saham di CMZ.

Sekretaris Perusahaan PT Indofood Sukses Makmur Tbk Elly Putranti menuturkan butuh waktu lama untuk mencapai hasil yang diharapkan atas investasi Indofood di CMZ. Hal itu mengingat kondisi makro ekonomi global yang kurang menunjang termasuk di Tiongkok.

Namun, perseroan tetap percaya prospek ekonomi di Tiongkok dan kinerja CMZ untuk jangka menengah dan panjang, serta akan mewujudkan sinergi antara CMZ dan Indofood.(Best Profit Futures)

Karena itu, perseroan usul untuk pertahankan sebagian kepemilikan saham Indofood di CMZ dengan menerima exchangeable bonds

sebagai bagian pembayaran transaksi penawaran. Perseroan akan menggunakan dana tunai itu untuk membayar kembali pinjaman yang digunakan untuk biayai akuisisi CMZ.

“Direksi percaya rencana transaksi akan memperkuat posisi keuangan dan bermanfaat bagi Indofood,” ujar Elly.

Adapun pelaksanaan transaksi penawaran itu dilakukan asal perseroan memenuhi persetujuan dari pemegang saham independen dan first pacific company limited, induk perusahaan Indofood telah peroleh persetujuan pemegang saham independen.

“Jika salah satu dari prasyarat itu tidak terpenuhi sebelum 31 Desember 2016 maka Marvellous BVI tidak wajib melaksanakan transaksi penawaran,” ujar dia.(Best Profit Futures)

Sumber : liputan6.com