PT Best Profit Futures Surabaya

Invesasi IT Naik 20 Kali Lipat dalam 5 Tahun

Best Profit Futures – Perkembangan teknologi di Indonesia ternyata belum memberikan pengaruh terhadap peningkatan nilai investasi dalam bidang informasi, teknologi dan komunikasi (ITK). Pasalnya, dalam jangka waktu lima tahun jumlah investasi di Indonesia hanya mencapai Rp100 triliun.

Kepala Pusat Pengolahan Data dan Informasi Penanaman Modal BKPM, Guyub Sagotrah Wiroso, mengatakan bahwa dalam waktu lima tahun terakhir total modal asing dalam bidang digital economy hampir 20 kali lipat dibanding total penanaman modal dalam negeri (Best Profit Futures)

“Pada periode lima tahun sejak 2011, total PMDN dalam sektor digital economy sebesar Rp5,4 triliun yang tersebar dalam 34 proyek. Seluruhnya hampir pada investasi tanpa kabel,” ujarnya dalam acara Indonesian Digital Economy Outlook 2016, Jakarta, Selasa (26/1/2016).

“Tapi untuk PMA (Penanaman Modal Asing), total investasi telah mencapai Rp92,4 triliun pada 1.199 proyek,” tambah dia.

Namun, total investasi ini belum mampu meningkatkan belanja pada sektor ITK. Berdasarkan data dari PT Telekomunikasi Indonesia,

total belanja ITK saat ini masih kalah dibandingkan Malaysia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Padahal, Indonesia memiliki pangsa pasar terbesar di Asia Tenggara.

“Belanja kita di bidang ICT (Information, Communication, and Technology) masih relatif di bawah, hanya mencapai 1,1 persen menyumbang pada GDP.

Bandingkan dengan Malaysia yang telah menyumbang sebesar 3 persen. Jadi investasi ini harus ditingkatkan,” ujar VP Enterprise Planning Strategy PT Telekomunikasi Indonesia Wisnu Haryadi pada kesempatan yang sama.(Best Profit Futures)

Pabrik-pabrik di Inggris mengalami bulan terbaiknya dalam lebih dari dua tahun terakhir pada bulan September terkait pound yang melemah mendorong lonjakan pada pesanan ekspor.

Indeks IHS Markit™s monthly Purchasing Managers melonjak ke 55,4 dari 53,4 pada bulan Agustus, mencatatkan kuartal industri terbaik tahun ini.

Itu merupakan angka tertinggi sejak Juni 2014 dan jauh melebihi perkiraan ekonom di 52,1.

Pesanan ekspor raih peningkatan terbaiknya sejak Januari 2014 di September, dan Markit mengatakan manufaktur mungkin membantu untuk mengangkat GDP dalam tiga bulan.(Best Profit Futures)

Laporan ini menunjukkan bagaimana depresiasi sterling sebesar 13 persen sejak jajak pendapat Brexit pada bulan Juni mendukung

manufaktur di tengah ketidakpastian tentang hubungan perdagangan baru Inggris dengan Uni Eropa.

Hal ini juga menambah bukti bahwa penurunan ekonomi dampak dari referendum menjadi lebih baik daripada yang telah diantisipasi.

Sumber : okezone.com