PT Best Profit Futures Surabaya

Harga Semen di Sorong Rp 85.000/Sak di Papua

Best Profit Futures – Harga semen yang dijual di tanah Papua tidak sama antar kabupaten. Misalnya harga semen untuk ukuran 40 kg atau per sak di Sorong,

Papua Barat, dibanderol Rp 85.000. Namun di daerah pedalaman bisa mencapai Rp 1 juta per sak.

Manager Sub Logistik Packing Plant Sorong PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) Choiru Zaki menjelaskan, harga tersebut dipengaruhi ongkos angkut.

Pasalnya untuk membawa semen sampai ke daerah pegunungan biasanya memakai helikopter atau pesawat kecil.

“Harga semen bisa jutaan di daerah pegunungan. Itu harus bawa heli dan pesawat kecil. Di Sorong harganya standar, Rp 85.000,”

kata Zaki di Packing Plant Semen Indonesia, Distrik Mayamuk, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Jumat (5/9/2014).

Umumnya semen dibeli dari Sorong dan selanjutnya baru dibawa ke daerah-daerah lainnya di Papua. Semen Indonesia sendiri (Best Profit Futures)

telah memiliki area pengepakan atau packing plant berkapasitas besar di Sorong. Packing plant ini mulai beroperasi pada 2013 lalu.

Setiap hari, packing plant Semen Indonesia ini mampu menghasilkan 400 ton dalam bentuk kemasan untuk merek Semen Gresik dan Semen Tonasa.

“Bisa 12.000 ton per bulan. Itu jual untuk pasar Sorong Raya, dominan Sorong kota. Ada sebagian pernah dikirim ke Nabire. Kemarin kita kirim 44.000 sak,” sebutnya.

Semen-semen yang dikirim ke packing plant di Sorong berasal dari Tuban (Jawa Timur) dan Makassar (Sulawesi Selatan).

“Semen dibawa dalam bentuk curah oleh kapal dari Makassar dan Tuban. Makassar untuk Semen Tonasa dan Tuban untuk Semen Gresik. Sekali datang bisa bawa 7.000 ton per kapal,” jelasnya.

(Best Profit Futures)

Semen-semen yang dikirim ke packing plant di Sorong berasal dari Tuban (Jawa Timur) dan Makassar (Sulawesi Selatan).

“Semen dibawa dalam bentuk curah oleh kapal dari Makassar dan Tuban. Makassar untuk Semen Tonasa dan Tuban untuk Semen Gresik. Sekali datang bisa bawa 7.000 ton per kapal,” jelasnya. (Best Profit Futures)

Sumber dari http://finance.detik.com