PT Best Profit Futures Surabaya

Harga Sayur Mayur Meningkat Tajam Akibat Kekeringan

BEST PROFIT FUTURES SURABAYA – Sejumlah produk pertanian mengalami lonjakan harga yang sangat signifikan. Kenaikan tertinggi dialami komoditas Labu yang melonjak hingga 500%.

“Labu ini naik gila-gilaan. Dari normalnya Rp 20 – 25 ribu. Sekarang tembus Rp 100 ribu per kantong,” ujar pedagang Pasar Blok A, Samsul kepada detikFinance, Selasa (BEST PROFIT FUTURES).

Ia menuturkan, harga tersebut adalah harga yang berlaku di pasar Induk Kramat Jati. “Kalau di pasar yang kecil atau di tingkat pengecer lebih mahal lagi harganya,” sambung dia.

Selain Labu, kenaikan harga signifikan juga dialami cabai rawit merah dari yang semula Rp 20 ribu per kg menjadi Rp 40 ribu per kg.

Begitu juga rawit hijau dari yang semula Rp 20 ribu per kg menjadi Rp 45 ribu per kg.

Nasib yang sama dialami pula oleh cabai keriting yang naik dari semula Rp 27 ribu per kg menjadi Rp 44 ribu per kg. (BEST PROFIT FUTURES).

Selain itu, komoditas lain yang tak luput dari kenaikan harga adalah timun dari yang semula Rp 3 ribu per kg menjadi Rp 7 ribu kg,

buncis dari semula Rp 6 ribu per kg menjadi Rp 11 ribu per kg,

kacang panjang dari semula Rp 6 ribu menjadi Rp 12 ribu per kg, sawi dari semula Rp 2 ribu menjadi Rp 6 ribu.

“Kasihan ini tukang mie ayam, sawinya mahal banget,” pungkasnya. (BEST PROFIT FUTURES).

Ia menuturkan, lonjakan harga ini diakibatkan oleh bencana kekeringan yang melanda tanah air selama beberapa bulan belakangan.

“Dari petani bilang ini karena kekeringan. Kalau begini petaninya kasihan, pedagangnya juga kasihan,” tandasnya.

Indeks Nikkei Jepang rata-rata turun tipis dalam perdagangan berayun pada Jumat ini, menghentikan kenaikan beruntun selama lima hari,

sementara investor menunggu untuk laporan laba perusahaan besar di Jepang untuk melaporkan pendapatannya pada pertengahan tahun yang akan dirilis pada minggu depan.

Indeks Nikkei berakhir 0,3 % lebih rendah pada level 17,184.59, (BEST PROFIT FUTURES).

turun untuk pertama kalinya dalam enam sesi terakhir. Untuk minggu ini, itu masih naik 1,9 %.

Indeks Topix melemah 0,4 % ke level 1,365.29 dan Indeks JPX Nikkei 400 merosot 0,3 % ke level 12,231.17.

Sumber dari http://finance.detik.com