PT Best Profit Futures Surabaya

Gas untuk Transportasi Terkendala Konverter Kit

BEST PROFIT FUTURES – Pemerintah berencana untuk terus meningkatkan pemanfaatan gas untuk kebutuhan transportasi. Sayangnya, cita-cita tersebut tak dibarengi dengan pengembangan konverter kit sebagai saran pendukung konversi gas pada kendaraan.

“Permasalahannya sampai sekarang ketersediaan konverter kit belum jelas,” kata Direktur Eksekutif Energy Watch, Mamit Setiawan, kepada Tempo, Ahad, 29 Juni 2014. (BEST PROFIT FUTURES).

Menurut Mamit, penanggung jawab pengembangan konverter kit belum jelas. Pemerintah, seperti diketahui, seakan-akan melempar-lempar pihak yang semestinya menyediakan konverter kit, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ataukah Kementerian Perindustrian.

Selain itu, penggunaan konverter kit juga masih dipertanyakan oleh masyarakat. Masyarakat kebanyakan masih tidak percaya, apakah alat konversi bahan bakar minyak ke gas ini benar-benar aman. “Ini masalah keamanan,” katanya. (BEST PROFIT FUTURES).

Hingga 2014, pemerintah menargetkan jumlah SPBG bisa mencapai 71 unit dan 13 unit mobile refueling unit (MRU). Target tersebut dicapai dengan rencana pembangunan 10 unit SPBG dan 4 MRU di Jabodetabek dan 4 SPBG di Semarang.

Dari dana swasta, PT Pertamina akan membangun 10 unit SPG dan 3 MRU, yang seluruhnya berlokasi di Jabodetabek. Selain itu, PT PGN akan membangun 6 SPBG di Jabodetabek, 2 SPBG di Jawa Timur, dan 1 SPBG di Riau.

Kepala Sub Direktorat Pengangkutan Hilir Migas Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Isnaini, mengatakan dengan pembangunan SPBG dan MRU akan ada tambahan volume gas. “Sekitar 7,5 MMSFCD untuk PGN dan 5,68 MMSCFD untuk Pertamina,” ujarnya.

  (BEST PROFIT FUTURES).

Dari dana swasta, PT Pertamina akan membangun 10 unit SPG dan 3 MRU, yang seluruhnya berlokasi di Jabodetabek. Selain itu, PT PGN akan membangun 6 SPBG di Jabodetabek, 2 SPBG di Jawa Timur, dan 1 SPBG di Riau.

Kepala Sub Direktorat Pengangkutan Hilir Migas Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Isnaini, mengatakan dengan pembangunan SPBG dan MRU akan ada tambahan volume gas. “Sekitar 7,5 MMSFCD untuk PGN dan 5,68 MMSCFD untuk Pertamina,” ujarnya. (BEST PROFIT FUTURES).

Sumber dari http://www.tempo.co