Ganjar Persilakan Asrama Haji Donohudan Dijadikan RS Darurat Corona

News

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengusulkan Asrama Haji Donohudan di Boyolali dimanfaatkan sebagai rumah sakit darurat atau pusat isolasi pasien COVID-19. Hal itu perlu dilakukan karena banyak rumah sakit sudah penuh. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mempersilakan dan lokasi itu bisa dipakai segera. BEST PROFIT

Rudy mengatakan kondisi kasus COVID-19 di Solo membuat ruang isolasi di Solo penuh, karantina mandiri di rumah juga dinilai tidak efektif.

“Sudah saya usulkan tiga kali kepada Pak Gubernur agar Asrama Haji Donohudan bisa digunakan untuk rumah sakit darurat tapi belum ada tanggapan,” kata Rudy saat ditemui di Solo, Rabu (2/12).

“Selama isolasi itu di rumah tidak akan bisa memutus mata rantai COVID-19. Pasti mereka tetap kontak kok dengan keluarganya, akhirnya satu keluarga terpapar semua,” imbuhnya. PT BESTPROFIT FUTURES

Rudy memperkirakan Asrama Haji Donohudan Boyolali dapat menampung lebih dari 10 ribu orang. Terkait masalah dana, kata Rudy, dapat ditanggung oleh provinsi dan daerah Solo Raya.

“Kalau anggaran kita punya, walaupun sebenarnya bencana nasional itu tanggung jawab provinsi. Nanti bisa saja misalnya Pemkot Solo menanggung warga Solo saja, tidak masalah,” kata Rudy.

Bupati Boyolali Seno Samodro menjelaskan kewenangan membuka asrama haji Donohudan untuk tempat isolasi ada pada Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

“Itu kewenangan Gubernur. Saya sih monggo (silakan) saja,” kata Seno saat dikonfirmasi. PT BESTPROFIT

Sementara itu Ganjar Pranowo membenarkan soal wewenang itu dan ia menegaskan Asrama Haji Donohudan sudah bisa segera difungsikan untuk tempat isolasi. Ganjar juga sudah mengungkapkan hal itu usai rapat penanganan COVID-19 pada hari Selasa (1/12) lalu.

“Oke, kalau saya oke saja. Donohudan itu memang kita siapin kok, oke saja kalau mau dipakai. Hotel ada, Donohudan juga ada. Umpama Solo mau pakai, masuk nanti sore. Nggak usah lama-lama,” kata Ganjar kepada detikcom ditemui di rumah dinasnya di Semarang, Rabu (2/12) malam.

Ia juga mendorong kabupaten/kota juga memiliki tempat isolasi terpusat. Karena menurut Ganjar orang yang terpapar COVID-19 lebih baik diisolasi ditempat khusus daripada di rumah.

“Kan memang lebih baik terpusat, dari pada isolasi di rumah. Soalnya isolasi di rumah kalau tidak memenuhi syarat, justru menjadi klaster rumah tangga. Dan sekarang, klaster rumah tangga itu menjadi klaster tertinggi di Jateng,” ujarnya. BESTPROFIT

Sumber : detik

1 thought on “Ganjar Persilakan Asrama Haji Donohudan Dijadikan RS Darurat Corona

Comments are closed.