PT Best Profit Futures Surabaya

Dua Sisi Industri Tambang Donggala

Best Profit Futures – Industri tambang menyumbang peran cukup besar kepada pendapatan daerah. Tidak heran, pertumbuhan izin tambang di berbagai daerah cenderung massif.

Ambil contoh di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng). Berdasarkan data Peta Sebaran IUP Tahun 2011 yang dikeluarkan Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Wilayah XVI Palu,  tercatat ada 45 Izin Usaha Pertambangan (IUP). Kebanyakan, pemegang IUP tersebut bergerak di sektor Galian C,  yakni bahan tambang yang dimanfaatkan untuk bahan bangunan. Selebihnya merupakan IUP untuk bahan tambang mineral seperti bijih besi dan mangan.  (Best Profit Futures)

Sayangnya, pertumbuhan massif industri pertambangan di Donggala tidak disertai dengan tata laksana lingkungan yang baik. Sepanjang garis pantai Teluk Palu dapat kita temui bukit terpangkas sebagian, sisa-sisa hasil eksplorasi dan produksi pertambangan.

Sementara di tepian teluk, dermaga-dermaga berdiri kokoh, menjadi sandaran kapal-kapal tongkang pengangkut hasil tambang. Keberadaan dermaga pribadi milik perusahaan pengelola tambang ini menggusur keberadaan lokasi budidaya rumput laut, salah satu potensi sumber daya alam (SDA) kelautan di Donggala. (Best Profit Futures)

Itu baru dari segi lingkungan. Dampak lain massifnya pertumbuhan industri tambang di kabupaten seluas  10,471 km2  ini juga terasa dari aspek kesehatan. Kasus penderita infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) cukup tinggi di daerah ini. ISPA merupakan buah dari polusi udara akibat kegiatan pertambangan. Selain ISPA, banyak juga warga Donggala menderita penyakit kulit.

Baru-baru ini, Okezone pun berkesempatan memotret pertumbuhan industri tambang dan dampaknya di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Laporannya akan diturunkan berseri pada hari ini.

  (Best Profit Futures)

Saham China melemah pada hari Kamis ini, membalikkan beberapa kerugian pada sesi pagi, sementara investor tetap berhati-hati dalam menghadapi perlambatan pertumbuhan laba industri, pelemahan yuan yang masih berlangsung, dan tumbuhnya kekhawatiran atas ketatnya likuiditas.

Indeks CSI300 blue-chip turun 0,3 persen, ke 3,345.70, sementara indeks Shanghai Composite turun 0,1 persen ke 3,112.35 poin. (Best Profit Futures)

Kepercayaan investor dalam pemulihan ekonomi China digoyahkan oleh data yang menunjukkan keuntungan dalam perusahaan industri China tumbuh sebesar 7,7 persen di September, melambat tajam dari kecepatan 19,5 persen bulan sebelumnya terkait beberapa sektor yang terpengaruh oleh lemahnya aktivitas. (Best Profit Futures)

Sumber dari http://economy.okezone.com