PT Best Profit Futures Surabaya

Disebut Tajir Melintir, Ini Fakta Kekayaan Sandiaga Uno

PT Bestprofit
PT BESTPROFIT FUTURES KPK mengumumkan harta kekayaan calon wakil presiden (cawapres) Sandiaga Salahuddin Uno. Total harta Sandiaga tercatat Rp 5 triliun.

Dilihat dari aplikasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Rabu (15/8/2018), Sandiaga memiliki deretan aset, dari tanah dan bangunan hingga simpanan kas. PT BESTPROFIT

Untuk tanah dan bangunan, total ada 15 lokasi yang dilaporkan Sandiaga.

Kekayaan Sandiaga, berasal dari berbagai sektor. BESTPROFIT

Mulai dari investasi di bidang sumber daya alam (SDA), konstruksi sampai barang konsumsi. BEST PROFIT

Total harta Sandiaga Uno tercatat Rp 5 triliun. Sejumlah tanah dan bangunan yang dilaporkan Sandiaga tersebar di dalam hingga luar negeri.

Tampak Sandiaga memiliki tanah dan bangunan di Jakarta Selatan dan Tangerang, ada pula di Singapura dan Amerika Serikat. Totalnya Rp 191.644.398.989.

Dari LHKPN itu, terlihat pula Sandiaga memiliki aset paling tinggi di bagian surat berharga dengan nilai Rp 4.707.615.685.758. Selain itu, Sandiaga memiliki harta berupa kas dan setara kas.

Namun ada pula utang Sandiaga yang cukup besar, yaitu Rp 340.028.135.379. Dari jumlah asetnya, total harta kekayaan Sandiaga sebesar Rp 5.099.960.524.965.

Dengan total kekayaan Rp 5 triliun, Sandiaga Uno ternyata lebih kaya dari Raja Yogyakarta yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Mengutip Globe Asia, Rabu (15/8/2018), kekayaan Sri Sultan Hamengkubuwono X tercatat memiliki aset dan bisnis di sektor properti senilai US$ 250 juta, atau setara Rp 3,6 triliun (kurs Rp 14.500/dolar AS).

Selain mengalahkan kekayaan Sri Sultan yang merupakan orang terkaya nomor 125.

Total kekayaan cawapres PrabowoSubianto ini juga mengalahkan harta kekayaan Bambang Trihatmodjo, yang merupakan orang terkaya di RI nomor 124.

Anak dari Presiden Indonesia Kedua ini memiliki bisnis di sektor properti yaitu Asri Land dengan total kekayaan US$ 250 juta atau setara Rp 3,6 triliun.

Selain itu ada pula yang kekayaannya kalah dari Sandiaga Uno, yaitu anak dari Presiden Indonesia ke-3 yaitu

Ilham Habibie yang menempati posisi orang terkaya nomor 123 dan memiliki total kekayaan US$ 250 juta atau setara Rp 3,6 triliun.

Kekayaan Ilham Habibi yaitu berasal dari industri pesawat terbang.

Selain itu ia juga menjabat di beberapa Perusahaan seperti menjabat sebagai Presiden Direktur PT Ilthabi Rekatama yang bergerak di sektor investasi dan keuangan.

Sandiaga Uno merupakan pengusaha muda yang sukses di Indonesia, ia bahkan menduduki posisi orang terkaya di Indonesia versi Forbes dan Globe Asia.

Dari data yang dihimpundetikFinance dari Globe Asia, kekayaan Sandiaga Unodi tahun 2017 tercatat US$ 500 juta atau setara Rp 7,2 triliun.

Namun di tahun 2018 harta kekayaan Sandiaga Uno turun menjadi US$ 300 juta dollar atau setara sekitar Rp 4,3 triliun.

Artinya dari tahun lalu ke tahun 2018, sebelum hartanya dilaporkan, kekayaan Sandiaga berkurang Rp 2,9 triliun.

Sandiaga Uno masuk dalam kategori orang terkaya di Indonesia versi Globe Asia. Banyak juga orang kaya yang punya harta setara dengan Sandiaga Uno, siapa saja ya?

Mengutip Globe Asia, Rabu (15/8/2018) harta kekayaan orang kaya urutan 104 Indonesia sebesar US$ 355 juta atau setara Rp 5,1 triliun (kurs Rp 14.500/dolar).

Orang terkaya Indonesia urutan 104 itu adalah Oesman Sapta Odang, atau yang kerap disapa akrab Oso.

Ketua Umum Partai Hanura ini memiliki bisnis besar di OSO Grup yang bergerak di sektor investasi dan properti.

Selain itu sejak tahun 2012, bisnisnya terlacak menggurita, dari sektor pertambangan, perkebunan sawit, perikanan, transportasi, hingga properti.

Di sektor pertambangan, dia mengibarkan bendera OSO Grup untuk membangun kilang minyak senilai US$ 4,8 miliar atau sekitar Rp 43,2 triliun di dekat Batam, Kepulauan Riau.

Kilang ini merupakan joint venture dengan perusahaan minyak Azerbaijan, yaitu SOCAR (State Oil Company of the Azerbaijani Republic).

Selain OSO ada pula Iwan Lukminto yang merupakan orang terkaya di Indonesia nomor 102 sebagai pemilik dari

PT Sritex Grup, yang memiliki total kekayaan US$ 365 juta atau setara Rp 5,2 triliun.

PT Sritex merupakan perushaan yang bergerak di sektor textil, garmen dan properti.

Produk unggulan dari PT Sritex yaitu seragam tentara yang sudah memiliki standar internasional.

Selain itu pengiriman dan pemesanan seragam tentara yang dibuat PT Sritex juga sudah dipesan oleh beberapa negara di berbagai benua termasuk Amerika.

Selain itu ada pula Sabana Prawirawidjaja yang merupakan orang terkaya di Indonesia nomor 99. Total kekayaan orang ini senilai US$ 390 juta atau setara Rp 5,6 triliun.

Sabana merupakan pemilik dari bisnis susu yaitu PT Ultrajaya Grup.

Sumber : Detik