PT Best Profit Futures Surabaya

Dampak Corona Merembet ke Pengunjung Hotel dan Restoran

Perekonomian Indonesia mengalami penurunan sejak ada virus corona. Hotel dan restoran di Jawa Timur, khususnya Surabaya juga mengalami penurunan pengunjung. BEST PROFIT

Ketua Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Timur Dwi Cahyono mengaku sejak diumumkan surat edaran gGubernur dan pemerintah kota maupun daerah setempat untuk menutup pintu wilayahnya, industri perhotelan mengalami penurunan tingkat hunian kamar yang sangat signifikan.

“Kami memang pasti terdampak. Apalagi berdasarkan surat edaran tersebut sudah tidak boleh lagi menerima studi banding dan lain sebagainya,” kata Dwi saat dikonfirmasi, Kamis (19/3/2020).

Menurutnya, penurunan ini mulai terasa sejak Presiden Jokowi mengumumkan pasien positif corona. Akan tetapi, penurunan ini tidak tidak dialami oleh semua daerah. PT BESTPROFIT FUTURES

“Ada beberapa daerah masih 35 persen (Penurunan). Kalau yang kurang dari 25 persen ini untuk daerah yang relatif besar. Seperti Surabaya, Malang, dan Batu, dan tujuan wisata lainnya,” jelasnya.

Pihaknya tidak bisa memprediksi penurunan itu akan berlalu sampai kapan. Jika semakin banyak kasus yang ditemukan, maka akan semakin turun pula pengunjung.

Dwi mengatakan, jika okupansi terus menurun, maka dampak paling buruk yang akan terjadi yakni efisiensi karyawan. PT BESTPROFIT

“Rencananya, kami akan berlakukan shift karyawan. Mungkin satu hari masuk, satu hari nggak. Ini masih belum, tapi kami akan evaluasi. Kalau sampai bulan depan tetap seperti ini, sementara akan ada yang dirumahkan untuk menekan biaya operasional,” urainya.

Dia berharap dua pekan depan Indonesia membaik dan kembali aman. Mengingat pemerintah yang meliburkan sekolah dan mengimbau karyawan bekerja dari rumah.

“Kami berharap dua minggu ini bisa memutus mata rantai virus ini. Karena sudah tidak ada lagi kunjungan di tempat-tempat umum dan wisata,” pungkasnya. BESTPROFIT

Sumber : detik

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.