PT Best Profit Futures Surabaya

Bursa Korea Selatan Menguat, Australia Libur

PT Bestprofit
PT BESTPROFIT FUTURES Bursa Korea Selatan bergerak di zona positif pada awal perdagangan hari Senin (11/6/2018) sementara pasar saham Australia libur hari ini.

Indeks Kospi di Korea Selatan menguat 0,33% menjadi 2.459,62 setelah pembukaan, menurut data CNBC International pukul 7:34 WIB. PT BESTPROFIT

Sebelumnya, indeks Nikkei di Jepang dibuka melemah 0,02% menjadi 22.690,91 akibat investor yang memilih menunggu hasil

pertemuan antara Presiden Amerika Serikat (AS) dan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, hari Selasa (12/6/2018) di Sentosa, Singapura. BESTPROFIT

Namun, Nikkei berhasil menguat dan bergerak naik tipis 0,02% menjadi 22.699,01 pagi ini.

Sedangkan Risiko Perang Mengintai Bila Pertemuan Trump-Kim Gagal BEST PROFIT

Bila pembicaraan diplomatik antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un,

tidak menghasilkan kesepakatan apapun terkait program senjata nuklir Pyongyang, kondisi itu diperkirakan dapat mendorong keinginan Washington untuk mengambil langkah militer, menurut beberapa ahli siasat.

Kedua pemimpin akan bertemu dalam pertemuan tingkat tinggi hari Selasa (12/6/2018) menyusul saling serang antara keduanya tahun lalu akibat beberapa uji coba rudal yang dilakukan Korea Utara.

Meskipun pertemuan ini dianggap sebaga pembuka jalan di tenga meningginya ketegangan, risikonya tetap tinggi bila pembicaraan keduanya tidak

menghasilkan kemajuan apapun terkait usaha membatasi kemampuan nuklir Pyongyang, tulis CNBC International.

“Jika pertemuan Korea Utara-AS gagal menghasilkan sebuah perjanjian, risiko perang akan meningkat melampaui level sebelumnya akibat gagalnya upaya diplomasi ini,”

tulis wakil kepala risiko negara Asia Pasifik di IHS Markit, Alison Evans, dalam sebuah catatan risetnya.

Perundingan bilateral diperkirakan akan rumit akibat perbedaan pemahaman antara Gedung Putih dan Pyongyang mengenai apa itu denuklirisasi.

Berbagai proses perdamaian secara umum dilihat sebagai ujian atas diplomasi, jadi ketika gagal,

kegagalan itu tidak hanya secara spesifik terjadi terhadap proses perdamaian namun juga diplomasi sebagai stratagi telah gagal,

kata Bruce Jones, wakil presiden dan direktur program kebijakan asing di think tank Brookings Institution, dalam tulisan opininya di Nikkei Asian Review.

Ketika para pembuat keputusan yakin penyelesaian politik tidak mungkin tercapai, maka logika solusi bersenjata akan muncul, tambahnya.

Pertemuan antara Trump dan Kim sempat akan gagal setelah presiden AS tiba-tiba menyatakan membatalkan rencana itu dengan alasan sikap Korea Utara yang menunjukka kemarahan terbuka.

Ia juga mengatakan militer AS siap menghadapi risiko apapun yang muncul sebagai risiko pembatalan itu.

Sedangkan : Detik

Tinggalkan Balasan