PT Best Profit Futures Surabaya

Brexit Temui Titik Terang, Euro & Poundsterling Menguat

BEST PROFIT
BEST PROFIT Euro dan poundsterling menguat pada hari Rabu (14/11/2018) setelah kesepakatan keluarnya Inggris dari Uni Eropa atau Brexit yang diajukan

Perdana Menteri Theresa May mendapat dukungan dari kabinetnya. Saat ini, ia perlu untuk mendapat dukungan serupa dari parlemen.

“Keputusan kolektif dari kabinet adalah pemerintah harus menyepakati rancangan perjanjian pemisahan dan pokok deklarasi politik,”

kata May di luar kediaman dinasnya di Downing Street setelah rapat selama lima jam dengan anggota kabinetnya, dilansir dari Reuters. PT BESTPROFIT FUTURES

Belum jelas apakah May berhasil mendapatkan suara yang cukup untuk mengamankan persetujuan parlemen.

“Tantanga sebenarnya adalah parlemen. Kerja keras benar-benar diperlukan di hari-hari mendatang,” kata Marc Chandler, chief market strategist di Bannockburn Global Forex di New York. PT BESTPROFIT

Harapan bahwa parlemen Inggris akan menyetujui rancangan kesepakatan Brexit itu telah mendorong penguatan pound dan euro yang selama ini tertekan oleh ketidakpastian Brexit dan anggaran pemerintah Italia.

Euro menguat 0,34% jelang penutupan perdagangan di Eropa sementara pound melompat 0,39% terhadap dolar Amerika Serikat (AS), tulis Reuters. BEST PROFIT

Penguatan kedua mata uang itu mendorong dolar terus melemah.

Indeks dolar yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama dunia turun 0,45 menjadi 96,867 setelah menyentuh level tertingginya dalam 16 bulan di 97,693 hari Senin.

Sedangkan Kesepakatan Belum Tercapai, Brexit Dipenuhi Ketidakpastian

Theresa May Cs sedangn berkejaran dengan waktu untuk membuat kemajuan dalam perundingan penarikan diri Inggris dari Uni Eropa (Brexit).

Tengah bulan ini, Komisi Uni Eropa akan bersidang dengan salah satu agenda membicarakan masalah Brexit.

Saat ini kesepakatan tersebut masih belum menemukan kejelasan.

Mengutip sumber Reuters, tiga diplomat Uni Eropa, syarat pemisahan Inggris dengan Uni Eropa sudah tercapai, tetapi pihak lain yang mengetahui hal ini mengatakan belum ada kesepakatan yang terjadi.

Negosiator senior Uni Eropa menolak berkomentar ketika ditanya oleh Reuters apakah kesepakatan telah tercapai.

“Inggris masih berkomitmen untuk membuat kemajuan di Dewan Eropa Oktober,” kata juru bicara kementerian itu dalam sebuah pernyataan, Minggu (14/10/2018).

Pada Minggu, para duta besar untuk negara-negara anggota UE, tidak termasuk Inggris, telah dipanggil untuk mendorong agar kesepakatan segera tercapai.

Ada 27 duta besar dari anggota Uni Eropa yang dipanggil dalam acara tersebut.

Mengamankan kesepakatan Brexit akan menjadi vital bagi keamanan Eropa, ujar Menteri Luar Negeri Inggris Jeremy Hunt menjelang seminggu pembicaraan krusial tersebut.

“Ini adalah minggu yang penting baik bagi Inggris dan mitra Eropa kami,” kata Hunt dalam sebuah pernyataan menjelang pertemuan para menteri luar negeri Uni Eropa di Luksemburg, seperti dikutip dari AFP.

“Pentingnya mencapai kesepakatan yang menghormati otonomi UE dan kedaulatan Inggris,” katanya.

“Dan menyampaikan ini sangat penting untuk keamanan kami juga karena hubungan ekonomi duduk di jantung

semua kemitraan kami termasuk aliansi keamanan vital yang kita miliki dengan teman-teman kita di Eropa.”

Sumber : Detik