PT Best Profit Futures Surabaya

Best Profit Futures; 10 Cerita di Balik Kehadiran Produk Teknologi Modern

Best Profit Futures – Generasi muda saat ini hampir dapat dipastikan sudah tak asing lagi dengan Facebook, produk-produk Apple dan Microsoft, serta hasil perkembangan teknologi lainnya.

Namun, tahukah Anda ternyata beberapa dari produk tersebut dipengaruhi produk-produk yang sudah ada sebelumnya.

Terlepas dari sengaja atau tidak sengaja, ternyata beberapa dari produk yang dikenal saat ini memiliki ide dasar yang sama. Namun, bukan berarti ide tersebut tak sepenuhnya orisinal.

Beberapa di antaranya tentu sudah mendapatkan pembaruan baik dari hal bentuk dan hardware sebelum akhirnya seperti saat ini.  (Best Profit Futures )

1. Komputer

Awal tahun 70, prosesor komputer sebenarnya cukup murah sehingga orang-orang dapat dengan mudah membelinya.

Hanya, biaya untuk membuat sebuah komputer cukup mahal. Untuk itu, komputer biasanya dibuat oleh orang yang benar-benar menyukainya.

Namun, Apple memperkenalkan sebuah konsep komputer yang diberi nama Apple II. Lewat Apple II, perusahaan berlogo apel itu membangun dan menyatukan semua bagian tersebut sehingga menjadi cikal bakal PC modern. (Best Profit Futures )

2. Tablet

Jauh sebelum iPad diperkenalkan, pabrikan Windows PC sudah memperkenalkan tablet berdasarkan spesifikasi dari Microsoft. Namun, produk tersebut tak pernah benar-benar diakui. Hal itu disebabkan harga yang kelewat mahal, masih membutuhkan stylus, dan software yang tak mumpuni.

Kondisi berbeda dialami Apple pada 2010 saat merilis iPad. Tablet itu seketika menjadi sebuah perangkat yang paling diburu penggila teknologi. Tak hanya menawarkan perangkat berkualitas tinggi, ketersediaan aplikasi juga mendukung keberhasilan iPad. (Best Profit Futures )

3. Asisten Virtual

Ketika berbicara mengenai asisten virtual, mungkin tak sedikit orang akan menyebut Siri, Google Now, ataupun paling anyar Cortana. Namun, ternyata Microsoft sudah jauh lebih dulu mengembangkan sistem serupa.

Pada 2001, perusahaan asal Redmond tersebut pernah melakukan demo purwarupa software pengenalan suara yang berasal dari MiPad. Sayangnya, Microsoft tak melanjutkan proyek tersebut sehingga software itu pun tak pernah dirilis.

Baru di akhir 2011, Apple memperkenalkan Siri yang datang bersamaan dengan iPhone 4s. Ketika itu, Siri dianggap sebagai asisten virtual pertama yang benar-benar dapat digunakan oleh banyak orang. (Best Profit Futures )

4. Pemutar musik digital

Kehadiran pemutar musik digital harus diakui telah mengubah cara manusia mendengarkan musik. Sebagian besar mungkin akan menyebut iPod sebagai pionir dari perubahan tersebut. Bagaimana tidak, dengan bentuk ringkas, memori yang besar, dan antarmuka yang mudah, membuat iPod cepat berkembang.

Namun, tahukah Anda ternyata ada produk pemutar musik digital lain yang dikembangkan sebelum iPod. Adalah Rio PMP300 yang disebut sebagai pemutar media digital pertama. Sayangnya, perangkat dengan kapasitas memori 32MB ini tak mampu dikenal banyak orang. (Best Profit Futures )

5. Smartphone

Sulit untuk menyebut siapa pengembang smartphone pertama. Tak sedikit yang menyebut BlackBerry adalah smartphone pertama yang lahir di 2003. Ada pula yang mengatakan iPhone adalah ponsel pertama yang mulai membuka pasar smartphone di tahun 2007.

Namun, berdasarkan fungsinya ternyata smartphone pertama kemungkinan besar telah ada sejak 1994. Ketika itu, IBM telah memperkenalkan ponsel bernama Simon yang tak hanya dapat melakukan panggilan suara, tapi juga membaca email dan menerima fax. (Best Profit Futures )

6. Pembaca eBook

Kindle harus diakui merupakan perangkat pembaca ebook yang sangat populer saat ini. Perangkat besutan Amazon yang diperkenalkan pada tahun 2007 tersebut memiliki beragam fitur sehingga membuatnya menjadi pilihan utama pembaca buku elektronik di zaman modern.

Kendati demikian, sembilan tahun sebelumnya ternyata ada perangkat dengan kemampuan serupa. Tahun 1998, sebenarnya ada perangkat bernama Rocket e-Book yang disebut sebagai pembaca buku elektronik pertama untuk konsumen. Sayangnya, perangkat tersebut hanya mampu menampung sepuluh buku. (Best Profit Futures )

7. Komputer Pribadi

Apple memperkenalkan komputer pertamanya yang diberi nama Lisa pada tahun 1983. Komputer tersebut merupakan perangkat pertama yang menawarkan kemampuan graphical user interface.

Meskipun gagal, komputer tersebut dapat disebut sebagai pendahulu komputer dengan tampilan antar muka.

Tak lama setelah itu, Bill Gates hadir dengan Microsoft yang menawarkan produk serupa. Ketika itu, Steve Jobs menuduh Microsoft telah mencuri tampilan antar muka Lisa. Namun, Gates menyebut baik Apple dan Microsoft memiliki inspirasi yang sama. (Best Profit Futures )

8. Mesin pencari

Ketika menyebut mesin pencari, hampir sebagian pengguna internet akan menyebut Google. Namun, tahukah Anda ternyata ada mesin pencari lain seperti Excite, AltaVista, Lycos, dan Yahoo yang sudah ada sejak era internet dimulai.

Namun, mesin pencari besutan Sergey Brin dan Larry Page yang bernama Google mengusung sistem yang disebut PageRank.

Sistem itu memungkinkan mesin pencari mengurutkan situs berdasarkan jumlah tautan yang berhubungan dengan mereka. Oleh sebab itu, Google mampu menampilkan situs yang dianggap paling relevan. (Best Profit Futures )

9. Mobil Elektrik

Berdasarkan sejarah, ide tentang mobil elektrik sudah ada sejak tahun 1800-an. Baru di awal tahun 90-an, beberapa perusahaan otomotif kembali memunculkan ide tersebut.

Honda, Chrysler, dan Toyota adalah beberapa perusahaan yang mulai mengembangkan mobil listrik ketika itu.

Namun, baru di tahun 2008 mobil elektrik benar-benar mendapat perhatian. Ketika itu, Tesla resmi memperkenalkan Roadster, mobil elektrik dengan kemampun berkendara dalam kecepatan tinggi tapi juga memiliki desain yang apik.

10. Media sosial

Tren perubahan media sosial memang begitu cepat dalam beberapa tahun terakhir. Friendster yang diluncurkan pada 2002, berhasil menarik 3 juta pengguna hanya dalam beberapa bulan setelah peluncuran.

Tak berselang lama, kehadiran MySpace di 2003 berhasil menarik pengguna Friendster dalam jumlah yang besar.

Namun, Facebook yang hadir pada 2004 berhasil menghancurkan MySpace. Bahkan, saat ini Facebook tak sekadar menjadi media sosial tapi merambah kecerdasan buatan dan virtual reality. (Best Profit Futures )

Sumber : Liputan6.com