PT Best Profit Futures Surabaya

Berencana Rights Issue, Harga Menguat 2,04% pada SAHAM BUMI

Best Profit Futures – Harga saham PT Bumi Resources Tbk. (BUMI) terpantau berada di zona hijau pagi ini, meskipun sempat dibuka melemah.

Berdasarkan data Bloomberg, harga saham emiten batu bara milik Grup Bakrie itu dibuka melemah 1,53% ke level Rp193.

Namun, pada pukul 09.03 WIB, harga saham BUMI berbalik arah dan menguat. Adapun pada pukul 10.12 WIB, harga saham BUMI naik 2,04% ke Rp200 per saham.

Saham BUMI berada di zona hijau pertama kalinya setelah turun 3,96% selama tiga hari berturut-turut sejak awal bulan ini. (Best Profit Futures)

Sementara itu, jika dilihat pergerakan sejak awal tahun ini (year to date), saham BUMI anjlok 33%. Saat ini, kapitalisasi pasar perseroan tercatat Rp4,17 triliun.

Manajemen Bumi Resources juga baru saja mengumumkan rencana penerbitan saham baru (rights issue) pada Juli 2014, dengan target dana hingga Rp6,54 triliun untuk membayar sejumlah utang.

Seperti diketahui, perseroan berencana menerbitkan 26,17 miliar saham biasa atas nama seri B dengan harga pelaksanaan Rp250 per saham. Setiap pemegang 50 saham punya 63 HMETD (hak memesan efek terlebih dahulu), di mana setiap 1 HMETD memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli 1 saham baru seri B. (Best Profit Futures)

Pergerakan saham BUMI

Tanggal

Harga

%

7 Meii*

200

+2,04

6 Mei

196

-1,01

5 Meii

198

-1

2 Meii

200

-1,96

Pertumbuhan ekonomi Jerman melambat ke laju terlemah dalam satu tahun pada kuartal terakhir, mengingatkan rapuhnya pemulihan di kawasan Eropa dalam waktu meningkatnya ketidakpastian.

Produk domestik bruto yang disesuaikan secara musiman naik 0,2 persen dalam tiga bulan hingga September, Kantor Statistik Federal di Wiesbaden mengatakan, pada hari Selasa. Itu di bawah perkiraan 0,3 persen dalam survei Bloomberg terhadap para ekonom, dan mengikuti ekspansi 0,4 persen pada kuartal kedua. Pertumbuhan berada di 1,7 persen dari tahun lalu.

Sebagai ekonomi terbesar di Eropa, nasib Jerman merupakan kunci untuk pemulihan di kawasan 19 negara Eropa, di mana angka PDB hari Selasa akan cenderung menunjukkan pertumbuhan terjebak pada tingkat biasa-biasa saja. Bank Sentral Eropa akan meninjau program stimulus dalam waktu kurang dari empat minggu, ketika akan memperhitungkan prospek ekonomi global yang ditandai dengan munculnya kritis populis dari usulan perdagangan internasional.

Ekspansi Jerman di kuartal terakhir terutama didorong oleh permintaan domestik baik pemerintah dan belanja konsumsi swasta yang meningkat, kata kantor statistik. Ekonomi global menyeret pertumbuhan, dengan ekspor sedikit terkena imbas. Investasi dalam perlengkapan juga tergelincir saat sektor konstruksi naik.