PT Best Profit Futures Surabaya

“Bercerai” dengan Spanyol, Banyak Perusahaan Hengkang dari Catalonia

PT Bestprofit
PT BESTPROFIT FUTURES – Sejumlah perusahaan mulai memindahkan basis legal mereka dari ibukota Catalonia, Barcelona. Hengkangnya perusahaan-perusahaan tersebut menyusul semakin dekatnya “perceraian” Catalonia dengan Spanyol.

Mengutip CNN Money, Senin (9/10/2017), CaixaBank, pemasok energi Gas Natural Fenosa, dan Dogi International Fabrics pada akhir pekan lalu menyatakan mereka memindahkan basis legal mereka dari Barcelona. PT BESTPROFIT

Pemerintah Catalonia pun direncanakan membuat deklarasi kemerdekaan unilateral dari Spanyol pada pekan ini.

Adapun pada pekan lalu, dilakukan referendum di mana 2 juta warga Catalonia memilih berpisah dengan Spanyol. Namun, referendum tersebut menimbulkan sengketa. BESTPROFIT

“Kami rasa saat ini adalah saat yang tepat bagi institusi untuk mendeklarasikan kemerdekaan. Masyarakat sudah menyuarakan kemerdekaan, sekarang saatnya bagi institusi untuk mengikuti,” ujar juru bicara partai 1for the CUP Carles Riera. BEST PROFIT

CaixaBank, bank terbesar ketiga di Spanyol dari sisi valuasi pasar, menyatalan bakal memindahkan kantor teregistrasinya ke Valencia.

Menurut CaixaBank, prioritas perseroan saat ini adalah melindungi nasabah, pemegang saham, dan pegawai dari situasi politik dan sosial saat ini.

Adapun pihak Gas Natural Fenosa menyatakan, ketidakpastian hukum terkait kondisi politik saat ini telah memicu perseroan memutuskan untuk hengkang dari Catalonia.

Tujuannya adalah untuk melindungi kepentingan perusahaan, konsumen, pegawai, kreditur, dan pemegang saham.

Sebelumnya, Banco Sabadell telah mengonfirmasi bakal memindahkan kantor dari Barcelona ke Alicante. Pun perusahaan bioteknologi Oryzon Genomics menyatakan memindahkan operasional dari Barcelona ke Madrid guna mengoptimalkan efektivitas operasional dan hubungan dengan investor.

Pemerintah regional Catalonia pun melakukan sejumlah upaya guna mencegah kerusakan lebih lanjut terhadap perekonomian.

Pejabat lokal menyatakan telah membentuk komite untuk meyakinkan perusahaan-perusahaan agar tak terpengaruh prospek perpisahan dengan Spanyol.

“Tujuan utama inisiatif ini adalah untuk memberikan ketenangan dan keamanan bagi setiap perusahaan yang beroperasi di Catalonia,” jelas Josep Lluís Mérida, juru bicara pemerintah Catalonia.

Sementara itu, pemerintah Spanyol memudahkan perusahaan untuk merelokasi operasional mereka. Pemerintah merilis aturan yang menghapis sejumlah larangan yang dipersyaratkan untuk memindahkan pusat operasional sebuah perusahaan.

Catalonia adalah kawasan yang secara ekonomi paling produktif di Spanyol. Wilayah ini menjadi basis bagi 7.100 perusahaan asing, termasuk di antaranya Volkswagen, Nissan, dan Cisco.

Sumber : Kompas