PT Best Profit Futures Surabaya

Belanja Barang Antik untuk Rumah? Ini Aturannya

BEST PROFIT FUTURES – Berbelanja barang antik untuk aksesoris di rumah ternyata ada aturannya. Barang antik atau vintage adalah barang yang usianya di atas 40 tahun. Bahkan tidak jarang banyak barang vintage yang dijual di pasaran berusia lebih dari 100 tahun.

Yang paling penting saat belanja barang antik adalah Anda harus jeli dalam menilai barang. Barang antik saat ini banyak dipalsukan di pasaran, dan dijual dengan harga yang lebih tinggi. Barang yang di cap antik setidaknya berusia di atas 50 tahun. Selain harus jeli, apa lagi aturan dalam belanja barang-barang antik lainnya? Berikut penjelasannya yang dikutip dari Hufingtonpost, Kamis (22/5/2014). (Best Profit Futures)

Pertama, Perhatikan jika toko tersebut jika memiliki banyak stok barang yang sama, sudah tentu barang yang dijualnya bukan barang antik. Karena biasanya barang antik dibuat ekslusif dan jumlahnya sedikit.

Kedua, perhatikan materialnya. Anda harus jeli memperhatikan material yang terpasang pada barang antik tersebut. Jika Anda menemukan satu saja paku atau baut yang terlihat bergaya modern, sudah tentu itu bukanlah barang antik. Atau ukiran dari sebuah perabot, Anda harus jeli membedakan mana yang diukir dengan tangan dan mana yang diukir dengan mesin. Karena, jika Anda tidak jeli, bisa saja itu merupakan barang antik palsu.

Ketiga, banyak bertanya. Pembeli adalah raja. Anda berhak mengetahui mengenai barang antik yang ingin Anda beli. Seperti berapa harga? Bagaimana anda tahu kalau barang ini asli? Pastikan pemilik toko dapat menunjukkan surat-surat kepemilikan jika Anda ingin membeli barang antik yang tergolong mewah. (Best Profit Futures)

Keempat, sekali lagi kejelian. Barang antik tentunya tidak akan terlihat seperti barang baru, meski sudah dijaga dengan baik sekalipun. Tanda cacat sedikit, atau bekas air yang menghitam pada barang antik bisa menjadi tanda kalau barang itu benar-benar antik. Cara lain mengetesnya adalah jika Anda ingin membeli sebuah meja rias antik, buka laci meja. Jika tidak ada hambatan bisa jadi itu bukan barang antik.

Karena biasanya laci yang berusia sudah lama pasti ada sedikit kendala pada saat membukanya.

Kelima, jika sudah membeli barang antik rawat dengan baik. Cat kembali jika furnitur tersebut telah pudar atau oleskan lilin padat pada permukaan furnitur antik yang terbuat dari kayu.

Karena jika dengan merawat dengan baik, Anda masih dapat menjualnya kembali di lain waktu. (Best Profit Futures)

Keenam, hindari membeli barang atau furnitur yang sudah rusak. Meski antik, jangan sampai Anda mengorbankan kesehatan keluarga Anda dengan membeli wajan yang sudah berkarat.

Atau Anda membahayakan kesehatan anak Anda dengan membeli kereta bayi bekas.

Terakhir, tes bau. Percaya atau tidak, dengan mencium bau dari furnitur yang Anda beli, sedikit banyak membantu Anda mengetahui apakah ini furnitur antik atau tidak.

Seperti saat membeli furnitur meja. Meja yang baru biasanya menyimpan bau cat yang khas. (Best Profit Futures)

Sumber dari http://property.okezone.com