PT Best Profit Futures Surabaya

AS, Kanada dan Meksiko Capai Kesepakatan Dagang Baru

PT Bestprofit
PT BESTPROFIT FUTURES Amerika Serikat (AS) dan Kanada akhirnya mencapai kesepakatan untuk mengubah perjanjian kerja sama yang sebelumnya tertuang dalam North American Free Trade Agreement (NAFTA). Presiden AS Donald Trump menilai perjanjian sebelumnya itu hanya merugikan negaranya.

Perjanjian perdagangan bebas itu akan diganti menjadi United States-Mexico-Canada Agreement (USMCA). Trump melalui akun Twitter menyebut perjanjian itu sebagai perjanjian trilateral yang indah. PT BESTPROFIT

Melansir CNBC, Selasa (2/10/2018), Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer dan Menteri Luar Negeri Kanada Chrystia Freeland juga menyebut perjanjian itu akan berdampak positif pada masyarakat kelas menengah dan menciptakan lapangan pekerjaan serta peluang bagi hampir setengah miliar orang yang tinggal di wilayah Amerika Utara. BESTPROFIT

Rencananya para pemimpin dari tiga negara Amerika Utara akan menandatangani perjanjian itu sebelum akhir November. Setelah itu akan diserahkan ke Kongres. BEST PROFIT

Negosiasi antara pejabat Amerika dan Kanada yang terlibat menawarkan lebih banyak akses pasar kepada peternak sapi perah AS, serta Kanada yang menyetujui pengaturan yang secara efektif membatasi ekspor mobil ke Amerika Serikat.

Seorang pejabat senior administrasi Trump mengatakan kesepakatan itu juga akan menyeimbangkan kembali hubungan perdagangan antara Meksiko dan Kanada.

Kesepakatan itu juga akan memodernisasi apa tertuang dalam NAFTA dengan menambahkan ketentuan tentang perdagangan digital dan kekayaan intelektual. Pakta perdagangan akan ditinjau setiap enam tahun, untuk memastikan peraturannya sesuai dengan keinginan masing-masing negara.

“Ini hari yang baik untuk Kanada,” kata Perdana Menteri Justin Trudeau.

Sebelumnya para negosiator telah bekerja keras untuk memenuhi tenggat waktu 30 September yang dijanjikan AS untuk mencapai kesepakatan dengan Kanada.

Sumber : Detik