7 Tips Penghematan untuk Kamu yang Punya Bisnis di Masa Pandemi | lt 11 Graha Bukopin

News

7 Tips Penghematan untuk Kamu yang Punya Bisnis di Masa Pandemi

Suara.com – Di tengah wabah pandemi Covid-19 sekarang ini, banyak bisnis yang berusaha untuk survive atau bahkan collapse karena bisnis yang dibangun dengan susah payah gagal dalam beradaptasi dengan situasi dan kondisi di tengah wabah pandemi Covid-19 ini. BEST PROFIT

Menurut Ketua Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo), Ikhsan Ingratubun, terdapat kurang lebih 30 juta UMKM harus gulung tikar pada tahun 2020 karena wabah pandemi Covid-19. PT BESTPROFIT FUTURES

 

 

Solusi yang efektif dalam penghematan bisnis bisa kalian simak dalam tips-tips berikut ini seperti dilansir Suara.com dari berbagai sumber.

Proses audit laporan keuangan mulai dari pemasukan hingga pengeluaran merupakan elemen vital dalam berbisnis, proses audit laporan keuangan harus dilakukan untuk memaksimalkan keuntungan terbaik dalam bisnis kalian dan mempersiapkan skenario terbaik dan terburuk dalam bisnis kalian.

Jika kalian rutin melakukan audit laporan keuangan, kalian dapat menemukan dimana saja biaya yang tidak terlalu penting atau biaya yang mungkin bisa ditekan untuk sementara waktu selama masa pandemi ini dan kalian bisa menyesuaikan anggaran yang tersedia untuk aktivitas-aktivitas yang jauh lebih penting dalam bisnis kalian.Selalu periksa akun-akun yang sering kalian lewati dan cek kembali apakah akun tersebut memungkinkan untuk dikurangi biayanya.

Dalam menjalankan bisnis, tentu kalian sudah memiliki tujuan jangka panjang dalam menjalankan bisnis kalian. Akan tetapi, tujuan jangka panjang dari bisnis kalian pasti terganggu oleh wabah pandemi sekarang ini.

Maka dari itu kalian harus memiliki backup plan atau rencana cadangan dalam menghadapi kemungkinan terburuk dalam bisnis kalian. BESTPROFIT

Mengatur ulang tujuan jangka pendek demi tujuan jangka panjang bisnis kalian merupakan strategi bisnis yang fokus dan adaptif. Mengatur ulang tujuan jangka pendek kalian bisa dimulai dari menghentikan supply untuk titik-titik tertentu yang kurang menguntungkan, mengurangi biaya pemasaran untuk sementara waktu atau berinovasi dengan menyesuaikan produk kalian di tengah pandemi ini.

Pilih Vendor yang Menguntungkan

Memilih vendor yang dapat memberikan keringanan di masa pandemi merupakan salah satu solusi untuk menghindari membengkaknya biaya operasional kalian.

Lakukan proses negosiasi dengan vendor dan supplier untuk mendapatkan harga yang lebih murah tentunya dengan kalian membayar tagihan vendor dan supplier secara tepat waktu.

Kalian bisa bernegosiasi dengan meminta pengurangan harga namun tetap di angka yang realistis. Jika vendor dan supplier kalian menolak permintaan pengurangan harga, sudah saatnya kalian mempertimbangkan untuk mencari vendor dan supplier yang jauh lebih menguntungkan dan memberikan tawaran yang menarik untuk bisnis kalian.

Manfaatkan Media Digital

Di tengah wabah pandemi ini, manfaatkan media sosial sebagai media pemasaran

utama kalian. Dengan menggunakan media digital, kalian dapat memenuhi target pasar kalian secara tepat sasaran karena kebiasaan masyarakat yang masih melakukan aktivitas mereka di rumah akibat dampak pandemi sekarang ini dan kalian dapat menghemat pengeluaran kalian melalui media digital yang tergolong lebih ekonomis.

Fokuslah memasarkan bisnis kalian di media sosial yang dapat mengurangi pengeluaran untuk biaya pemasaran yang kurang efisien, tawarkan bisnis kalian di marketplace besar atau menggunakan website untuk membangun kepercayaan dan profesionalitas di mata calon konsumen.

sumber suara

1 thought on “7 Tips Penghematan untuk Kamu yang Punya Bisnis di Masa Pandemi | lt 11 Graha Bukopin

Comments are closed.