PT Best Profit Futures Surabaya

5 Trik agar Terlihat Sebagai Pekerja Kompeten

Best Profit
Best Profit Futures – Seringkali orang-orang menilai kepribadian Anda hanya dalam beberapa detik. Hal ini memang tidak adil, tetapi itulah kenyataan yang terjadi. Sebagai seorang pekerja, Anda tentunya ingin terlihat sebagai seseorang yang profesional, berkompeten, berwawasan luas dan dapat diandalkan.

Best Profit Futures – Mengutip dari Business Insider, Senin (25/7/2016), sebenarnya ada beberapa cara untuk membuat Anda terlihat kompeten ketika Anda bertemu pewawancara kerja, rekan kerja, klien, bahkan bos.

Berikut 5 trik agar terlihat sebagai pekerja kompeten:

1. Berbicara dengan cepat

Pada salah satu penelitian di Brigham Young University, peneliti melakukan penelitian terhadap 28 mahasiswa yang mendengarkan enam orang berbicara dengan kecepatan bicara yang berbeda-beda.

Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan orang yang berbicara cepat terlihat lebih kompeten dibandingkan mereka yang berbicara dengan kecepatan normal dan lambat.

2. Memakai make-up bagi wanita

Tahun 2011, sebuah penelitian di Harvard University menguji lebih dari 250 orang dewasa untuk melihat foto 25 wanita dengan dandanan yang berbeda.

Beberapa wanita dalam foto tersebut tidak menggunakan make-up, dan beberapa lainnya menggunakan make-up. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita yang menggunakan make-up terlihat lebih kompeten dibandingkan yang tidak menggunakannya.

3. Meminta saran dari orang lain

Sebuah penelitian lainnya di Harvard University, 170 mahasiswa diminta mengerjakan tugas di komputer mereka, dan mereka akan dipartnerkan dengan orang lain yang mengerjakan tugas yang sama pula.

Beberapa partner ini nantinya ditugaskan untuk meminta saran, di mana sisanya tidak akan meminta saran. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang yang bertanya tentang saran atau meminta nasihat lebih terlihat kompeten.

Para peneliti menjelaskan, ketika Anda meminta saran, Anda mengakui pengetahuan dan pengalaman orang lain, sehingga mereka juga akan berpikiran baik tentang Anda.

4. Jangan meminta banyak bantuan

Para peneliti melakukan penelitian terhadap 65 mahasiswa bisnis untuk menjawab pertanyaan terkait kepemimpinan dan kompetensi.

Peneliti juga bertanya kepada mahasiswa tentang pandangan mereka tentang orang yang banyak meminta bantuan, dan kompetensi seseorang. Hasil penelitian menunjukkan orang yang meminta banyak bantuan terlihat tidak kompeten.

5. Ganti foto profil Anda dengan foto jarak jauh

Jika Anda menggunakan Facebook maupun LinkedIn, Anda harus mengubah foto profil Anda menjadi foto diri Anda dari jarak jauh. Berbagai penelitian yang dilakukan pada 2012 menunjukkan orang yang berfoto dari jarak jauh terlihat lebih kompeten, dapat dipercaya dan menarik.

Sumber : liputan6.com